Kompas.com - 04/10/2021, 13:20 WIB
 Orangtua memiliki peran penting dalam membimbing anak belajar dari rumah. (DOK. iSTOCKPHOTO) Orangtua memiliki peran penting dalam membimbing anak belajar dari rumah.

KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang kepintaran, setiap orang memiliki dasar sendiri tentang apa yang mereka anggap pintar.

Biasanya orang dewasa akan selalu berasumsi bahwa mereka lebih pintar daripada anak-anak karena pengalaman hidup dan lebih banyak sekolah.

Namun, para orangtua mulai menyadari bahwa sekarang anak-anak sebenarnya lebih pintar karena akses ke dunia online yang lebih mudah, sehingga mereka memiliki informasi dalam jumlah yang tak terbatas.

Menurut Study Finds, 2 dari 3 orangtua berpikir anak-anak saat ini lebih pintar dibandingkan dengan mereka saat masih muda dulu.

Hal ini ditunjukkan melalui survei terhadap 2.000 orangtua dari anak-anak berusia antara 5-14 tahun yang dilakukan oleh perusahaan teknologi pendidikan multinasional India, BYJU melalui OnePoll.

Baca juga: Tips Pola Asuh agar Anak Lebih Cerdas

Tujuan utama dari survei ini adalah untuk melihat perbedaan antara bagaimana para ibu dan ayah belajar ketika mereka usia sekolah dibandingkan dengan bagaimana anak-anak belajar sekarang.

Hasilnya menunjukkan bahwa 65 persen orangtua berpikir bahwa anak-anak mereka beruntung dengan lingkungan belajar yang mereka miliki saat ini.

Kemudian, lebih dari setengah orangtua atau 54 persen yang mengangguk ke arah pembelajaran jarak jauh sebagai keuntungan di masa pandemi.

Sementara, mayoritas lainnya yakni 58 persen orangtua menyatakan bahwa mereka merasa sulit membantu anak belajar.

Apalagi, gaya belajar di sekolah telah berubah dan banyak orangtua mengalami pembelajaran konvensional seperti duduk di meja, mendengarkan ceramah sepanjang hari, dan menghafal pelajaran.

Tetapi, sekarang sekolah cenderung membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan agar lebih mudah dipahami.

Baca juga: Benarkah Anak Bisa Lebih Fokus Saat Sekolah Secara Virtual?

Karena perubahan dalam cara anak diajar oleh para guru, orangtua berpikir bahwa anak-anak lebih pintar daripada mereka karena mereka lebih mampu fokus di kelas dan menyerap informasi.

Bahkan, banyak orangtua mulai terbuka untuk secreen time atau waktu layar pada anak, dengan 38 persen mengatakan bahwa mereka akan mendukung pembelajaran yang menggunakan video atau film di dalam kelas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.