Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Orangtua Merasa Anak Zaman Sekarang Lebih Pintar

Kompas.com - 04/10/2021, 13:20 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang kepintaran, setiap orang memiliki dasar sendiri tentang apa yang mereka anggap pintar.

Biasanya orang dewasa akan selalu berasumsi bahwa mereka lebih pintar daripada anak-anak karena pengalaman hidup dan lebih banyak sekolah.

Namun, para orangtua mulai menyadari bahwa sekarang anak-anak sebenarnya lebih pintar karena akses ke dunia online yang lebih mudah, sehingga mereka memiliki informasi dalam jumlah yang tak terbatas.

Menurut Study Finds, 2 dari 3 orangtua berpikir anak-anak saat ini lebih pintar dibandingkan dengan mereka saat masih muda dulu.

Hal ini ditunjukkan melalui survei terhadap 2.000 orangtua dari anak-anak berusia antara 5-14 tahun yang dilakukan oleh perusahaan teknologi pendidikan multinasional India, BYJU melalui OnePoll.

Baca juga: Tips Pola Asuh agar Anak Lebih Cerdas

Tujuan utama dari survei ini adalah untuk melihat perbedaan antara bagaimana para ibu dan ayah belajar ketika mereka usia sekolah dibandingkan dengan bagaimana anak-anak belajar sekarang.

Hasilnya menunjukkan bahwa 65 persen orangtua berpikir bahwa anak-anak mereka beruntung dengan lingkungan belajar yang mereka miliki saat ini.

Kemudian, lebih dari setengah orangtua atau 54 persen yang mengangguk ke arah pembelajaran jarak jauh sebagai keuntungan di masa pandemi.

Sementara, mayoritas lainnya yakni 58 persen orangtua menyatakan bahwa mereka merasa sulit membantu anak belajar.

Apalagi, gaya belajar di sekolah telah berubah dan banyak orangtua mengalami pembelajaran konvensional seperti duduk di meja, mendengarkan ceramah sepanjang hari, dan menghafal pelajaran.

Tetapi, sekarang sekolah cenderung membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan agar lebih mudah dipahami.

Baca juga: Benarkah Anak Bisa Lebih Fokus Saat Sekolah Secara Virtual?

Karena perubahan dalam cara anak diajar oleh para guru, orangtua berpikir bahwa anak-anak lebih pintar daripada mereka karena mereka lebih mampu fokus di kelas dan menyerap informasi.

Bahkan, banyak orangtua mulai terbuka untuk secreen time atau waktu layar pada anak, dengan 38 persen mengatakan bahwa mereka akan mendukung pembelajaran yang menggunakan video atau film di dalam kelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com