Kompas.com - 04/10/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Hipotensi atau tekanan darah rendah sering kali tak dianggap sebagai kondisi yang serius dan menimbulkan masalah, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi).

Padahal, menurut Mayo Clinic, tekanan darah rendah yang tidak normal dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Pada kasus yang parah, tekanan darah rendah juga bisa mengancam jiwa.

Tekanan darah rendah adalah kondisi ketika pembacaan tekanan darah lebih rendah dari 90 mm Hg untuk sistolik atau 60 mm Hg untuk diastolik.

Salah satu cara mengobati darah rendah adalah mengenali penyebabnya. Penyebab tekanan darah rendah termasuk dehidrasi dan gangguan medis serius yang mendasari.

Baca juga: 11 Gejala Hipertensi yang Perlu Diwaspadai

Gejala tekanan darah rendah

Gejala tekanan darah rendah termasuk kelelahan, pusing, dan pingsan. Penting untuk mengetahui penyebab tekanan darah rendah untuk menemukan solusinya.UNSPLASH/EPHRAIM MAYRENA Gejala tekanan darah rendah termasuk kelelahan, pusing, dan pingsan. Penting untuk mengetahui penyebab tekanan darah rendah untuk menemukan solusinya.
Bagi sebagian orang, tekanan darah rendah adalah sinyal adanya penyakit yang mendasari, terutama jika tekanan darah anjlok secara tiba-tiba atau diikuti dengan gejala seperti:

  • Pusing
  • Pingsan
  • Kehilangan pengelihatan
  • Mual
  • Kelelahan
  • Kurang konsentrasi

Tekanan darah rendah ekstrem bisa memicu kondisi yang mengancam jiwa. Tanda dan gejala tekanan darah rendah ekstrem antara lain:

  • Kebingungan, terutama pada orang yang lebih tua
  • Kulit dingin, lembap, pucat
  • Napas cepat dan dangkal
  • Denyut nadi lemah dan cepat

Baca juga: Apa Benar Makan Daging Kambing Bisa Mengobati Darah Rendah?

Penyebab tekanan darah rendah

Dehidrasi adalah penyebab tekanan darah rendah yang paling sering dialami oleh pasien yang menunjukkan gejala seperti mual, muntah, diare, atau olahraga berlebihan, yang mengalihkan darah dari organ-organ penting tubuh ke otot.FREEPIK/JCOMP Dehidrasi adalah penyebab tekanan darah rendah yang paling sering dialami oleh pasien yang menunjukkan gejala seperti mual, muntah, diare, atau olahraga berlebihan, yang mengalihkan darah dari organ-organ penting tubuh ke otot.
Beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah antara lain:

1. Dehidrasi

Menurut MedicineNet, dehidrasi adalah penyebab tekanan darah rendah yang paling sering dialami oleh pasien yang menunjukkan gejala seperti mual, muntah, diare, atau olahraga berlebihan, yang mengalihkan darah dari organ-organ penting tubuh ke otot.

Sejumlah besar air hilang saat muntah dan diare, terutama jika orang tersebut tidak minum cukup banyak cairan untuk menggantikan air yang keluar.

 

2. Kehamilan

Karena sistem peredaran darah berkembang pesat selama kehamilan, tekanan darah akan cenderung turun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.