Kompas.com - 04/10/2021, 15:54 WIB

KOMPAS.com - Hipotensi atau tekanan darah rendah tidak selalu menunjukkan gejala dan tidak selalu merupakan masalah kesehatan.

Meski begitu, periode tekanan darah rendah yang panjang dan disertai gejala dapat menjadi perhatian.

Beberapa makanan untuk tekanan darah rendah bisa membantu untuk meningkatkan tekanan darah.

Menurut Mayo Clinic, tekanan darah rendah yang tidak normal dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Pada kasus yang parah, tekanan darah rendah juga bisa mengancam jiwa.

Tekanan darah rendah adalah kondisi ketika pembacaan tekanan darah lebih rendah dari 90 mm Hg untuk sistolik atau 60 mm Hg untuk diastolik.

Penyebab tekanan darah rendah bervariasi, termasuk dehidrasi, kekurangan nutrisi tertentu, konsumsi obat-obatan, dan gangguan medis serius yang mendasari.

Baca juga: 11 Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Gejalanya

Gejala tekanan darah rendah

Kelelahan adalah salah satu gejala tekanan darah rendah. Mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah bisa membantu mengatasinya sebelum menjadwalkan kunjungan ke dokter.FREEPIK/TIRACHARDZ Kelelahan adalah salah satu gejala tekanan darah rendah. Mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah bisa membantu mengatasinya sebelum menjadwalkan kunjungan ke dokter.
Bagi sebagian orang, tekanan darah rendah adalah sinyal adanya penyakit yang mendasari, terutama jika tekanan darah anjlok secara tiba-tiba atau diikuti dengan gejala seperti:

  • Pusing
  • Pingsan
  • Kehilangan pengelihatan
  • Mual
  • Kelelahan
  • Kurang konsentrasi

Tekanan darah rendah ekstrem bisa memicu kondisi yang mengancam jiwa. Tanda dan gejala tekanan darah rendah ekstrem antara lain:

  • Kebingungan, terutama pada orang yang lebih tua
  • Kulit dingin, lembap, pucat
  • Napas cepat dan dangkal
  • Denyut nadi lemah dan cepat

Baca juga: Apa Benar Makan Daging Kambing Bisa Mengobati Darah Rendah?

Makanan untuk tekanan darah rendah

Penting untuk mengetahui penyebab tekanan darah yang dialami oleh seseorang. Hal tersebut dapat membantu menentukan makanan atau minuman mana yang bermanfaat untuk dikonsumsi.

Untuk mengetahuinya secara pasti, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.