Kompas.com - 05/10/2021, 12:21 WIB
Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba dari diafragma. Sebelum mencari cara menghilangkan cegukan, penting untuk mengetahui penyebabnya. SHUTTERSTOCKCegukan adalah kontraksi tiba-tiba dari diafragma. Sebelum mencari cara menghilangkan cegukan, penting untuk mengetahui penyebabnya.

KOMPAS.com - Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba dari diafragma. Diafragma adalah otot di bawah tulang rusuk kita yang memisahkan area dada dan perut.

Menurut Cleveland Clinic, otot ini merupakan bagian penting dari proses pernapasan. Ketika kita menarik napas, diafragma akan bergerak ke bawah dan saat kita mengembuskan napas akan bergerak ke atas.

Dua hal yang terjadi ketika kita cegukan adalah:

  • Diafragma kita tertarik ke bawah di antara tarikan napas, membuat kita menghirup udara.
  • Glotis (ruang antara pita suara) menutup untuk menghentikan lebih banyak udara masuk. Tindakan ini membuat suara 'hic' terdengar.

Sebagian besar kasus cegukan dapat disembuhkan atau diselesaikan dalam waktu singkat, dan sering kali bukan merupakan keadaan darurat medis. Namun, cegukan yang sulit disembuhkan sangatlah mengganggu dan tidak nyaman.

Temui dokter jika cegukan berlangsung lebih dari tiga jam, atau jika cegukan sudah mengganggu kebiasaan makan atau tidur.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan cegukan, penting untuk memahami terlebih dahulu apa penyebab cegukan yang umum terjadi.

Baca juga: 9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Tak Hanya Atasi Batuk

Penyebab cegukan

Makan terlalu cepat sebagai salah satu penyebab cegukan. Memahami penyebab cegukan sering kali bisa mencari cara menghilangkan cegukan.UNSPLASH/ALI INAY Makan terlalu cepat sebagai salah satu penyebab cegukan. Memahami penyebab cegukan sering kali bisa mencari cara menghilangkan cegukan.
Menurut MedicineNet, sering kali, tidak ada penyebab cegukan yang jelas. Namun, memahami penyebab cegukan sering kali bisa membantu kita menemukan cara menghilangkan cegukan.

Beberapa penyebab cegukan yang umum diketahui, antara lain:

  • Makan terlalu cepat dan menelan udara bersamaan dengan makanan.
  • Makan terlalu banyak, khususnya makanan berlemak atau pedas, atau minum terlalu banyak, umumnya minuman berkarbonasi atau alkohol. Keduanya dapat membuat perut buncit dan menyebabkan iritasi pada diafragma, yang dapat menjadi penyebab cegukan.
  • Menelan udara ketika mengisap permen atau permen karet.
  • Setiap penyakit atau gangguan yang mengiritasi saraf yang mengontrol diafragma, seperti penyakit hati, pneumonia, atau gangguan paru-paru lainnya.
  • Operasi perut juga dapat mengiritasi saraf yang mengontrol diafragma, sehingga menyebabkan cegukan.
  • Stroke atau tumor otak yang melibatkan batang otak, dan beberapa gangguan medis kronis, seperti gagal ginjal, juga dilaporkan sebagai salah satu penyebab cegukan.
  • Asap berbahaya.
  • Perubahan suhu yang tiba-tiba.
  • Ketakutan atau kegembiraan yang meluap.

Baca juga: 5 Penyebab Cegukan pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Cara menghilangkan cegukan

Menahan napas adalah salah satu cara menghilangkan cegukan.SHUTTERSTOCK/PHEELINGS MEDIA Menahan napas adalah salah satu cara menghilangkan cegukan.
Ada beberapa cara menghilangkan cegukan yang dapat dipraktikkan di rumah jika mengalaminya.

Cara menghilangkan cegukan ini melibatkan metode yang menyebabkan tubuh menahan karbon dioksida, yang dianggap rileks dan menghentikan kejang diafragma:

  • Menahan napas
  • Bernapas ke dalam kantong kertas, tapi jangan gunakan kantong plastik.

Sementara cara menghilangkan cegukan berikut melibatkan teknik yang merangsang nasofaring dan saraf vagus, yang berjalan dari otak ke perut, dan dapat mengurangi cegukan:

  • Minum air putih dengan cepat
  • Dikagetkan oleh orang lain
  • Menarik kencang lidah
  • Menggigit lemon
  • Berkumur dengan air
  • Tempatkan satu setengah sendok teh gula kering di bagian belakang lidah. Proses ini dapat diulang tiga kali dengan interval 2 menit. Untuk anak kecil gunakan sirup jagung, bukan gula.

Cegukan biasanya akan sembuh sendiri. Cara menghilangkan cegukan yang bisa dipraktikkan di rumah biasanya sudah cukup untuk menangani kondisi tersebut.

Untuk cegukan terus-menerus atau berlangsung lebih dari tiga jam, pengobatannya akan bervariasi, dan kita mungkin perlu mengunjungu dokter untuk diresepkan obat.

Baca juga: Makanan yang Bisa Sebabkan Cegukan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.