Kompas.com - 05/10/2021, 14:20 WIB

KOMPAS.com - Ardem Patapoutian adalah ilmuwan asal Amerika Serikat yang baru saja meraih Hadiah Nobel 2021 di bidang kedokteran bersama rekannya, David Julius.

Ahli biologi molekuler ini mendapatkan penghargaan tertinggi di dunia sains atas temuannya akan reseptor di kulit yang merasakan suhu dan sentuhan. Hasil penelitiannya ini menjadi terobosan besar dalam dunia kesehatan, khususnya dalam menciptakan obat pereda nyeri yang lebih efektif.

Penghargaan tersebut diumumkan secara langsung oleh Komite Nobel di Stockholm, Swedia, negara acara tahunan ini rutin digelar.

Namun siapa sangka jika Prof Patapoutian bukan orang pertama yang mengetahui kabar soal prestasi bergengsinya itu.

Baca juga: Berharap Nobel untuk Sarah Gilbert, Ilmuwan di Balik Vaksin AstraZeneca

Pasalnya, Prof Patapoutian sedang tidur dengan nyenyak di kediamannya di California ketika Komite Nobel mengumumkan namanya sebagai peraih Nobel. Penyelanggara bahkan kesulitan menyampaikan kabar bahagia itu kepadanya langsung. 

Rupanya, akademisi berdarah Armenia ini menyetel ponselnya ke mode "jangan ganggu" sehingga telepon penting dari Swedia itu ditolak. Maklum saja, ada perbedaan waktu yang cukup signifikan antara Stockholm dan California ketika acara penghargaan tersebut digelar.

California sedang ada di jam dua dini hari ketika nama peraih Hadiah Nobel bidang kesehatan diumumkan.

Prof Patapoutian, yang lahir di Lebanon, akhirnya mendapatkan kabar tersebut setelah mendapat telepon dari ayahnya yang tinggal di Los Angeles.

Tentunya, ayahnya ini masuk dalam daftar pengecualian di ponselnya sehingga bisa langsung mengontaknya.

"Mereka entah bagaimana sampai ke ayah saya yang berusia 94 tahun yang tinggal di Los Angeles dan dia dapat menelepon saya dan membangunkan saya dan memberi tahu saya berita itu, yang akhirnya menjadi cara yang fantastis untuk mengetahuinya," katanya, dikutip dari BBC.

Baca juga: Ilmuwan Indonesia Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh 2021

Halaman:
Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.