Kompas.com - 05/10/2021, 14:53 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Kanker payudara menempati peringkat ke-dua sebagai penyebab kematian terbanyak pada wanita. Diperkirakan satu dari delapan wanita didiagnosis penyakit itu dalam hidupnya.

Walau penyakit kanker payudara belum diketahui penyebabnya, namun gaya hidup kita memiliki kendali lebih besar, bahkan jika memiliki riwayat kanker pada keluarga sekalipun.

"Hanya 5 hingga 10 persen kanker payudara yang dapat disalahkan pada mutasi gen yang diturunkan seperti BRCA, dan hanya 13 persen wanita dengan kanker payudara yang memiliki kerabat tingkat pertama dengan riwayat penyakit tersebut," kata Kristi Funk, MD, ahli bedah kanker payudara.

Ditambahkan oleh dokter Heather Richardson, spesialis kesehatan payudara, pilihan hidup sehari-hari berpengaruh pada kesehatan kita, termasuk risiko kanker.

Baca juga: Benjolan di Payudara Sudah Pasti Kanker?

"Perlu diingat bahwa pencegahan bisa sangat membantu. Kebiasaan yang sama yang menjaga kesehatan payudara adalah kebiasaan yang mencegah semua penyakit penyebab kematian lainnya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah kebiasaan sehat yang harus kita miliki untuk menurunkan risiko kanker payudara:

1. Periksa payudara 

Segera setelah mulai memasuki menstruasi, kita harus melakukan pemeriksaan mandiri bulanan pada payudara untuk mengenali benjolan dan melihat perubahan ke depannya lebih cepat. 

Agar kita melakukannya dengan tepat, kita bisa menonton video di chanel kesehatan terlebih dahulu atau bertanya kepada dokter.

Baca juga: Yuk, Rutin Periksa Payudara Sendiri Sebulan Sekali

2. Ikuti terus mammogram

Halaman:


Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.