Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tas Jinjing Tenun Ikat, Kolaborasi Ikat Indonesia dan Lemonilo

Kompas.com - 05/10/2021, 16:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Merek mi instan Lemonilo menggandeng Ikat Indonesia by Didiet Maulana merilis secara terbatas tas jinjing bermotif tenun ikat geometris, Senin (04/10/2021).

Ketika menciptakan motif geometris dengan rona alam, Ikat Indonesia by Didiet Maulana ingin merepresentasikan keindahan Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai etnis, budaya, dan keahlian tangan kepada masyarakat lokal maupun internasional.

Tas jinjing tersebut hadir dalam dua pilihan warna, hijau dan krem, yang dianggap identik dengan unsur warna alam yang menceritakan keindahan Indonesia.

Dengan kolaborasi ini, Lemonilo berupaya menghidupkan budaya penghinan tenun ikat dalam kehidupan sehari-hari.

"Tenun ikat hasil karya perajin lokal ini hadir dalam bentuk tas jinjing yang tidak hanya multifungsi namun juga mewujudkan kebanggaan terhadap budaya Indonesia dan semangat kebersamaan melalui kontribusi sosial yang diciptakan," kata Head of Content Marketing Lemonilo, irfan Prabowo, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Baca juga: Tampil Gaya dengan Tas Kulit Berhias Kain Tenun, Mau?

Tas berbahan kanvas ini diklaim memilik daya tahan yang cukup kuat untuk menampung beban hingga 5 kg.

Mengedepankan aspek multifungsi, Lemonilo melengkapi tas jinjing ini dengan lapisan dalam anti-air dan empat bagian pemisah agar pengguna nyaman membawa banyak barang.

Dalam proses pembuatan koleksi tas eksklusif ini, Lemonilo dan IKAT Indonesia by Didiet Maulana bekerja sama dengan komunitas perajin tenun lokal.

Langkah ini dilakukan sebagai usaha untuk merepresentasikan kekayaan budaya nusantara dan mewujudkan visi bersama dalam mendukung perajin lokal Indonesia secara berkelanjutan.

Baca juga: Tenun Ikat Sikka, Tenun Pertama yang Dilindungi Kekayaan Intelektualnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com