Kompas.com - 05/10/2021, 16:14 WIB
Tas jinjing kolaborasi Lemonilo dan IKAT Indonesia by Didiet Maulana. DOK LEMONILOTas jinjing kolaborasi Lemonilo dan IKAT Indonesia by Didiet Maulana.

KOMPAS.com - Merek mi instan Lemonilo menggandeng Ikat Indonesia by Didiet Maulana merilis secara terbatas tas jinjing bermotif tenun ikat geometris, Senin (04/10/2021).

Ketika menciptakan motif geometris dengan rona alam, Ikat Indonesia by Didiet Maulana ingin merepresentasikan keindahan Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai etnis, budaya, dan keahlian tangan kepada masyarakat lokal maupun internasional.

Tas jinjing tersebut hadir dalam dua pilihan warna, hijau dan krem, yang dianggap identik dengan unsur warna alam yang menceritakan keindahan Indonesia.

Dengan kolaborasi ini, Lemonilo berupaya menghidupkan budaya penghinan tenun ikat dalam kehidupan sehari-hari.

"Tenun ikat hasil karya perajin lokal ini hadir dalam bentuk tas jinjing yang tidak hanya multifungsi namun juga mewujudkan kebanggaan terhadap budaya Indonesia dan semangat kebersamaan melalui kontribusi sosial yang diciptakan," kata Head of Content Marketing Lemonilo, irfan Prabowo, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Baca juga: Tampil Gaya dengan Tas Kulit Berhias Kain Tenun, Mau?

Tas berbahan kanvas ini diklaim memilik daya tahan yang cukup kuat untuk menampung beban hingga 5 kg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengedepankan aspek multifungsi, Lemonilo melengkapi tas jinjing ini dengan lapisan dalam anti-air dan empat bagian pemisah agar pengguna nyaman membawa banyak barang.

Dalam proses pembuatan koleksi tas eksklusif ini, Lemonilo dan IKAT Indonesia by Didiet Maulana bekerja sama dengan komunitas perajin tenun lokal.

Langkah ini dilakukan sebagai usaha untuk merepresentasikan kekayaan budaya nusantara dan mewujudkan visi bersama dalam mendukung perajin lokal Indonesia secara berkelanjutan.

Baca juga: Tenun Ikat Sikka, Tenun Pertama yang Dilindungi Kekayaan Intelektualnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.