Kompas.com - 05/10/2021, 20:25 WIB

KOMPAS.com – Apakah kamu baru belakangan ini saja membeli produk segar dari petani lokal atau sudah bertahun-tahun melakukannya, kamu telah ikut mendukung para petani.

Dengan menggunakan produk pertanian dalam negeri, seperti beras, sayuran, kopi, atau buah-buahan, berarti kita ikut meningkatkan ekonomi lokal.

Selain membeli hasil pertanian, kita juga bisa memberi bantuan pada para petani lewat yayasan atau gerakan yang bertujuan untuk membantu para petani, baik dari segi keuangan, kesehatan, atau pendidikan.

Tanpa harus menjadi anggota, kita bisa membantu para petani dengan menyisihkan uang untuk disumbangkan kepada para petani melalui yayasan atau gerakan tersebut. Untuk lebih detilnya, bisa dicari secara daring.

Baca juga: Berkat Petani Milenial, Ekspor Hasil Pertanian Jateng Capai Rp 2,51 Triliun

CSR perusahaan

Beberapa perusahaan besar juga rutin melakukan kegiatan sosial yang ditujukan kepada petani, salah satunya Greenfields melalui kegiatan CSR mereka di dua lokasi peternakan di Jawa Timur.

Menurut General Manager Farm Operation Greenfields Indonesia, Richard Slaney, peternakan Greenfields menghasilkan pupuk organik cair (POC) dari manure sapi-sapinya. POC ini dimanfaatkan oleh para petani di sekitar peternakan.

"Greenfields bekerja sama dengan 758 petani dari 7 dusun di sekitar peternakan. Saat ini, lebih dari 700 hektar lahan petani yang memanfaatkan POC dari Greenfields untuk mempupuk rumput odot. Rumput ini dibeli oleh Greenfields untuk pakan sapi," kata Richard.

Ia menambahkan, setiap harinya, para petani menggunakan lebih dari 2.000 m³ POC untuk lahan mereka.

Greenfields juga membagikan POC perkebunan kopi di sekitar Greenfields Farm 2 untuk membantu menyuburkan lahan kopi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.