Kompas.com - 06/10/2021, 14:44 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai manfaat jagung untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui, jika dibandingkan dengan sayuran populer lain, seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, tomat, dan lainnya.

Banyak orang juga bingung apakah jagung termasuk sayuran atau sumber karbohidrat. Apakah jagung baik bagi kesehatan kita?

Menurut Health, secara teknis, jagung adalah anggota keluarga gandum utuh dan tentu saja manfaat jagung sangat baik untuk kesehatan kita.

Jagung juga secara alami bebas gluten sehingga menjadi alternatif yang baik bagi oran-orang yang harus menghindari gluten.

Jagung diolah dalam berbagai cara, seperti direbus, menjadi bahan campuran sup dan olahan sayur, dikonsumsi bersama susu, dan bahkan diolah menjadi camilan, seperti popcorn atau keripik.

Baca juga: 14 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi, Sehat dan Mengenyangkan

Fakta nutrisi jagung

Manfaat jagung bisa diperoleh dengan mengolahnya dalam berbagai cara, seperti direbus, menjadi bahan campuran sup dan olahan sayur atau menjadi campuran salad.SHUTTERSTOCK/TAKE PHOTO Manfaat jagung bisa diperoleh dengan mengolahnya dalam berbagai cara, seperti direbus, menjadi bahan campuran sup dan olahan sayur atau menjadi campuran salad.
Seperti dikutip Healthline dari Departemen Pertanian AS (USDA), porsi 100 gram jagung rebus mengandung nutrisi sekitar:

  • Kalori: 96
  • Air: 73 persen
  • Protein: 3,4 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Gula: 4,5 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 1,5 gram

Baca juga: Mengapa Ada Jagung Manis yang Rasanya Hambar?

Manfaat jagung

Ada sejumlah manfaat jagung yang mungkin kita dapatkan jika mengonsumsinya, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk minim proses:

1. Jagung membantu mengurangi risiko penyakit kronis

salah satu manfaat jagung adalah membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Sejumlah penelitian membuktikan hal tersebut. Penelitian tersebut mengaitkan konsumsi gandum utuh dengan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas yang lebih rendah.SHUTTERSTOCK salah satu manfaat jagung adalah membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Sejumlah penelitian membuktikan hal tersebut. Penelitian tersebut mengaitkan konsumsi gandum utuh dengan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas yang lebih rendah.
Jagung adalah gandum utuh dan masuk ke dalam kategori makanan yang menyehatkan.

Menurut Health, salah satu manfaat jagung adalah membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Sejumlah penelitian membuktikan hal tersebut. Penelitian tersebut mengaitkan konsumsi gandum utuh dengan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas yang lebih rendah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.