Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2021, 14:44 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ada berbagai manfaat jagung untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui, jika dibandingkan dengan sayuran populer lain, seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, tomat, dan lainnya.

Banyak orang juga bingung apakah jagung termasuk sayuran atau sumber karbohidrat. Apakah jagung baik bagi kesehatan kita?

Menurut Health, secara teknis, jagung adalah anggota keluarga gandum utuh dan tentu saja manfaat jagung sangat baik untuk kesehatan kita.

Jagung juga secara alami bebas gluten sehingga menjadi alternatif yang baik bagi oran-orang yang harus menghindari gluten.

Jagung diolah dalam berbagai cara, seperti direbus, menjadi bahan campuran sup dan olahan sayur, dikonsumsi bersama susu, dan bahkan diolah menjadi camilan, seperti popcorn atau keripik.

Baca juga: 14 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi, Sehat dan Mengenyangkan

Fakta nutrisi jagung

Manfaat jagung bisa diperoleh dengan mengolahnya dalam berbagai cara, seperti direbus, menjadi bahan campuran sup dan olahan sayur atau menjadi campuran salad.SHUTTERSTOCK/TAKE PHOTO Manfaat jagung bisa diperoleh dengan mengolahnya dalam berbagai cara, seperti direbus, menjadi bahan campuran sup dan olahan sayur atau menjadi campuran salad.
Seperti dikutip Healthline dari Departemen Pertanian AS (USDA), porsi 100 gram jagung rebus mengandung nutrisi sekitar:

  • Kalori: 96
  • Air: 73 persen
  • Protein: 3,4 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Gula: 4,5 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 1,5 gram

Baca juga: Mengapa Ada Jagung Manis yang Rasanya Hambar?

Manfaat jagung

Ada sejumlah manfaat jagung yang mungkin kita dapatkan jika mengonsumsinya, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk minim proses:

1. Jagung membantu mengurangi risiko penyakit kronis

salah satu manfaat jagung adalah membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Sejumlah penelitian membuktikan hal tersebut. Penelitian tersebut mengaitkan konsumsi gandum utuh dengan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas yang lebih rendah.SHUTTERSTOCK salah satu manfaat jagung adalah membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Sejumlah penelitian membuktikan hal tersebut. Penelitian tersebut mengaitkan konsumsi gandum utuh dengan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas yang lebih rendah.
Jagung adalah gandum utuh dan masuk ke dalam kategori makanan yang menyehatkan.

Menurut Health, salah satu manfaat jagung adalah membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Sejumlah penelitian membuktikan hal tersebut. Penelitian tersebut mengaitkan konsumsi gandum utuh dengan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas yang lebih rendah.

Namun, tentu saja porsi menjadi aspek penting.

Usahakan mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan dan tingkat aktivitas fisik.

Bagi kebanyakan wanita dewasa, misalnya, satu tongkol jagung dianggap sebagai jumlah konsumsi moderat dalam sekali makan.

Baca juga: Lakukan 5 Kebiasaan Berikut agar Terhindar dari Penyakit Kronis

2. Jagung mengandung sejumlah nutrisi kunci

Manfaat jagung juga termasuk mengandung sejumlah nutrisi kunci, seperti vitamin A, B, dan potasium.SHUTTERSTOCK/KIEFER PIX Manfaat jagung juga termasuk mengandung sejumlah nutrisi kunci, seperti vitamin A, B, dan potasium.
Manfaat jagung juga termasuk mengandung sejumlah nutrisi kunci.

Biji-bijian berwarna kuning cerah ini mengandung berbagai vitamin B dan potasium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com