Kompas.com - 06/10/2021, 17:11 WIB
Kamus Oxford SHUTTERSTOCKKamus Oxford

KOMPAS.com - Demam Korea Selatan yang melanda dunia saat ini agaknya cara yang efektif untuk makin mempopulerkan bahasa nasionalnya.

Terbukti, 26 istilah bahasa korea kini resmi masuk dalam Oxford English Dictionary (OED) yang menjadi otoritas tertinggi pengguna bahasa Inggris di seluruh dunia.

Setiap tahunnya memang ditambahkan sejumlah kata baru yang cukup populer dan dimaknai serentak oleh seluruh penduduk dunia. Namun biasanya kata baru tersebut tetap berasal dari budaya barat seperti Eropa dan Amerika Serikat.

Korea Selatan menunjukkan pengaruhnya dengan sukses membuat masyarakat dunia memahami dan mengakui sejumlah terminologi lokalnya.

Sejumlah istilah tersebut selama ini banyak digunakan dalam sejumlah konten populer Korea termasuk serial drama, variety show, musik dan produk kecantikan.

Baca juga: 4 Budaya Khas Korea Selatan, dari Makanan Hingga Kegemaran

Beberapa kata yang resmi terdaftar antara lain hallyu, aegyo, mukbang, dan hanbok yang merupakan istilah orisinil negeri ginseng itu.

Oxford mendeskripsikan aegyo sebagai "a certain kind of cuteness or charm considered characteristically Korean, and similar to the Japanese word kawaii".

Kata ini yang cukup sering kita jumpai di variety show favorit dikategorikan sebagai kata benda dan kata sifat.

Sementara itu, mukbang, yang juga mulai banyak dipakai anak muda Indonesia, diartikan sebagai 'a video, esp. one that is livestreamed, that features a person eating a large quantity of food and talking to the audience'.

Adapula sejumlah kata yang merupakan pengembangan dari istilah bahasa inggris seperti 'fighting!" dan 'skinship'.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.