Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melirik Merk Kosmetik Lokal Racikan Make Up Artist

Kompas.com - 07/10/2021, 18:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Merk kosmetik yang dibangun oleh para Make Up Artist termasuk dalam produk kecantikan yang dinanti para beauty junkie.

Sebagai “seniman” yang setiap harinya menggunakan produk make up sebagai alat kerjanya, kosmetik racikan Make Up Artist (MUA) dianggap memiliki formula yang lebih baik.

Dari tanah air, beberapa MUA juga mulai terjun ke bisnis kosmetik. Salah satunya adalah After Beaute yang didirikan oleh MUA Andhita Irianto.

Dalam produk perdananya, ia merilis tiga varian shades lip cream, yaitu seri Madame, Kinda Cute, dan Velvet Waffle.

“Ketiga varian ini merupakan warna-warna umum atau basic yang biasa dipakai wanita. Bagi para MUA, varian ini bisa memenuhi kebutuhan mereka saat merias wajah klien, baik saat acara formal atau kasual,” kata Andhita.

Baca juga: Anak Kuliahan Bisa Jajal Profesi Make Up Artist untuk Tambah Uang

Wanita asal Lampung ini bercerita mengapa ia menyasar para make up artist saat meluncurkan brand After Beaute.

“Kebanyakan produk lokal sekarang tujuan utamanya mungkin masyarakat luas dan bukan fokus ke profesi MUA. Kalau aku justru sebaliknya. Yang belum diminati orang, yaitu MUA, agar (produk After Beaute) bisa dipakai MUA seluruh Indonesia,” ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by AFTER BEAUTE? COSMETIC (@after.beaute)

Menurutnya, profesi MUA cukup diminati dan jumlahnya meningkat. Selain itu, para ahli tata rias ini juga lebih paham mengetahui produk yang bagus, keunggulannya, dan juga apa yang cocok untuk kliennya.

“Jadi, tinggal dari pihak kami, bagaimana kami membuat MUA yang memakai produk After Beaute tidak malu dan tidak disepelekan. Dan alhamdulilah kami sudah 6-7 bulan sudah mulai kuat, di mana pasarnya banyak dipakai makeup artist di Indonesia,” katanya.

Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, Andhita melakukan riset yang panjang sebelum meluncurkan produk.

Untuk produk lip cream misalnya, ia melakukan riset dan survei mengenai tekstur, aroma, ketahanan, dan juga kenyamanan saat dipakai di bibir.

Tak heran jika sejak diluncurkan 7 bulan lalu, produk lip cream After Beaute sudah terjual sekitar 10.000 buah dan telah dipakai para MUA ternama, seperti Eva Twinny, Dean, Mona Markem, dan juga dipakai sejumlah influencer.

Baca juga: 4 Tips Aman Belanja Kosmetik Online, Jangan Mudah Tergoda Iklan

Andhita mengatakan, saat ini pihaknya berusaha menjaga konsistensi branding dan menjaga eksklusivitasnya.

“Misalnya saja untuk endorsement, aku lebih condong ke orang yang memang menyukai produknya tanpa harus mengeluarkan fee berkali-kali, tapi karena mereka memang happuy dan puas dengan produk kami,” katanya.

Dengan strategi marketing yang dilakukannya, Andhita mengaku optimis dengan keberlanjutan bisnisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com