Kompas.com - 08/10/2021, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Penyebab badan kurus dan susah gemuk penting untuk diketahui, terutama jika berat badan kita terlalu rendah atau underweight.

Risiko kesehatan kekurangan berat badan sama seperti pada orang yang kelebihan berat badan, termasuk salah satunya tidak mendaaptkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun tulang, kulit, dan rambut yang kuat, mudah terserang penyakit, anemia, berpotensi melahirkan prematur bagi wanita, dan lainnya.

Kapan seseorang dikatakan memiliki badan terlalu kurus?

Penyebab badan kurus dan berat badan susah naik bisa bervariasi, mulai dari penyebab yang tidak bisa diubah, akibat kebiasaan dan gaya hidup, serta adanya kondisi kesehatan yang mendasari.PEXELS/KETUT SUBIYANTO Penyebab badan kurus dan berat badan susah naik bisa bervariasi, mulai dari penyebab yang tidak bisa diubah, akibat kebiasaan dan gaya hidup, serta adanya kondisi kesehatan yang mendasari.
Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), merekomendasikan kita untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (BMI) untuk mengetahui apakah badan terlalu kurus, terlalu gemuk, atau kita sudah memiliki berat badan sehat.

Menurut Medical News Today, menggunakan BMI dianggap lebih baik sebagai cara menghitung berat badan ideal karena membandingkan berat badan dan tinggi badan.

Berikut kisaran BMI yang dapat menjadi acuan:

  • Berat badan terlalu rendah: BMI kurang dari 18,5
  • Berat badan normal atau sehat: BMI 18,5-24,9
  • Berat badan berlebih: BMI 25-29,9
  • Obesitas: BMI di atas 30

BMI bukan satu-satunya cara menghitung berat badan ideal. Menggabungkan beberapa cara dapat membantu kita mendapatkan gambaran hasil yang lebih akurat.

Untuk mengetahui cara menghitung berat badan ideal, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Ulasan lengkapnya ada pada tautan ini.

Baca juga: Waspada, 8 Risiko Kesehatan akibat Tubuh Terlalu Kurus

Penyebab badan kurus

Ada beberapa penyebab badan kurus dan susah gemuk. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari penyebab yang tidak bisa diubah, akibat kebiasaan dan gaya hidup, serta adanya kondisi kesehatan yang mendasari.

Berikut beberapa penyebab badan kurus dengan berat badan kurang yang mungkin dialami seseorang:

1. Genetik

Penyebab badan kurus yang dimiliki seseorang mungkin terjadi secara alami karena karakteristik fisik yang menurun di keluarga.SHUTTERSTOCK Penyebab badan kurus yang dimiliki seseorang mungkin terjadi secara alami karena karakteristik fisik yang menurun di keluarga.
Penyebab badan kurus yang dimiliki seseorang mungkin terjadi secara alami karena karakteristik fisik yang menurun di keluarga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.