Kompas.com - 08/10/2021, 09:24 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Saat ini, produk kecantikan dengan kandungan kopi sering ditemukan di pasaran, mulai dari serum untuk mengobati mata panda, masker, hingga krim anti-selulit.

Tak mengherankan memang, pasalnya, kopi konon memiliki berbagai manfaat untuk kulit, seperti mencegah kerusakan dan penuaan kulit.

Namun, apakah itu benar?

Untuk menjawabnya, simak paparan dari ahli kecantikan Lori Scarso terkait apa saja yang bisa dilakukan kopi dan kafein bagi kulit kita.

Melindungi kulit dari kerusakan

Kafein adalah anti-oksidan. Artinya, kafein dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, molekul yang dapat menghancurkan kolagen dan menimbulkan garis-garis halus, kerutan, serta kulit yang kendor dan pucat.

“Anti-oksidan sangat berperan dalam perawatan kulit saat ini. Sebab, kulit bisa mengalami kerusakan akibat radikal bebas dari polusi dan sinar UV. Nah, menerapkan anti-oksidan baik untuk kulit karena dapat membantu menghentikan beberapa kerusakan itu,” ujarnya.

Mencerahkan kulit

Kafein adalah vasokonstriktor, yang artinya dapat membuat pembuluh darah menyempit atau mengencang. Artinya, kafein dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan halus, layaknya filter Instagram di kehidupan nyata.

De-puff kantung mata

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.