Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Tren 2022 Pada Industri Kecantikan di Indonesia?

Kompas.com - 08/10/2021, 11:52 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Industri kecantikan merupakan salah satu industri yang dinamis dan terus berinovasi, serta harus selalu siap beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Oleh sebab itu, ketika cara hidup kita berubah karena pandemi, industri kecantikan ikut berubah. Penjualan produk yang dahulunya melalui toko offline misalnya, kini mayoritas dilakukan secara online. Begitu juga dengan kebutuhan produk yang menyesuaikan.

Meski pendapatan produk kosmetika di Indonesia pada tahun 2020 sempat mengalami penurunan hingga 4% berdasarkan data dari Euromonitor, pada tahun 2021 angka itu naik karena munculnya minat pada produk skincare.

Lalu bagaimana kira-kira tren industri kecantikan di Indonesia tahun depan?

Menurut Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia, tahun 2022 merupakan era CHANGE bagi seluruh pelaku industri kecantikan di Indonesia.

Yang dimaksud CHANGE adalah Collaboration, Hybrid, Advanced, Natural, Glass Skin, dan Eco-Friendly.

Collaboration atau kerja sama sudah terlihat sejak saat ini, antar pelaku industri dan bisnis, termasuk merek kecantikan lokal di Indonesia.

"Kegiatan kolaborasi sangat efektif guna untuk meningkatkan brand awareness," ujar Na Sung Min dalam keterangan pers.

Kolaborasi yang sudah terjadi antar merek lokal antara lain Somethinc dengan Kopi Kenangan, yang menghadirkan produk kecantikan berbahan dasar kopi yaitu Coffeeinc Lip Scrub.

Lalu kolaborasi antar merek lokal dan merek internasional seperti Jacquelle yang bekerja sama dengan Disney menghadirkan produk masker muka bertemakan salah satu karakter Disney yaitu Butter Clay Mask Cinderella dan Yogurt Sleeping Mask Rapunzel.

Kolaborasi ini menghadirkan warna baru bagi masing-masing industri akan inovasi produk yang dihadirkan kepada pasar.

Hybrid atau hibrida merupakan inovasi penggabungan dua elemen makeup dan skincare dalam satu produk kecantikan. Produk hibrida dipercaya memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan kulit.

Jenis produk hibrida bisa bermacam-macam, misalnya berupa base makeup seperti Serum Cushion, Tinted Moisturizer, Tinted Sunscreen, Serum Concealer dan lain sebagainya.

Inovasi ini dipopulerkan oleh K-Beauty, dan menjadi semakin populer terutama di masa pandemi, karena kebutuhan terhadap produk yang dapat mempercantik wajah, merawat, serta menjaga kulit semakin tinggi.

Produk dengan inovasi hibrida pun mulai dicari oleh konsumen, sehingga diperlukan adaptasi dari berbagai merk kecantikan lokal untuk membuat produk dengan inovasi terkini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com