Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2021, 12:13 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Belanja online semakin menjadi andalan bagi kebanyakan masyarakat. Adanya momen Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pun kerap dimanfaatkan untuk mendapatkan penawaran-penawaran menarik.

Meski belanja online selama ini cukup identik dengan perilaku boros dan impulsif, momen ini sebetulnya juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mental dengan self care kita, lho.

Self care adalah cara seseorang untuk menyediakan waktu untuk fokus dan merawat dirinya demi menjaga kesehatan fisik dan mental.

Psikolog Klinis dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia dan Klinik Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani, MPsi mengatakan, self care penting dilakukan secara rutin dan teratur, tak hanya ketika kita memiliki waktu luang saja.

Self care dapat membantu mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari. Salah satu cara self care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja.

"Namun, tentunya perlu diingat untuk berbelanja sesuai budget agar tidak semakin menambahkan beban pikiran. Selain itu, belanja dengan promo agar lebih hemat dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan berlipat," ungkap Wita seperti dikutip dari keterangan tertulis ShopeePay, Jumat (08/10/2021).

Baca juga: Perhatikan, 3 Tips Aman Belanja Online

Tips belanja online yang baik bagi kesehatan mental

Wita membagikan tiga cara belanja online yang dapat dilakukan sebagai bentuk self care dan baik untuk kesehatan mental:

1. Belanja online sebagai penghargaan diri

Jadikan belanja online sebagai momen untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri atau disebut self reward.SHUTTERSTOCK/Paisit Teeraphatsakool Jadikan belanja online sebagai momen untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri atau disebut self reward.
Jadikan belanja online sebagai momen untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri atau disebut self reward.

 

Menurut Wita, ini penting untuk dilakukan agar kita lebih termotivasi dan tetap bersemangat menjalani hari-hari.

Tak semua barang yang kita beli secara online dapat memberikan efek tersebut. Untuk menentukan mana saja pembelanjaan yang penting dan dapat dijadikan self reward, kita bisa mengumpulkannya di wishlist. Kemudian, saring kembali mana item pembelanjaan yang kira-kira dapat dijadikan penghargaan diri.

Manfaatkan promo yang ada, seperti 10.10 ShopeePay Double Deals dan promo lainnya, untuk menambah kepuasan.

"Salah satu cara self reward adalah belanja barang-barang yang sudah ada di wishlist, terlebih jika berhasil membeli barang incaran dengan promo yang bisa menambah tingkat kepuasaan,” ucapnya.

Baca juga: Tips Aman Belanja Online dengan Sistem COD

2. Membeli momen berharga

Belanja online bisa dilakukan untuk mencari promo staycation atau paket makan di restoran untuk dinikmati bersama keluarga.SHUTTERSTOCK Belanja online bisa dilakukan untuk mencari promo staycation atau paket makan di restoran untuk dinikmati bersama keluarga.
Membeli suatu pengalaman dapat memberikan perasaan bahagia yang berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena dapat diingat-ingat kembali di kemudian hari.

Apalagi jika momen berharga itu dinikmati dengan orang-orang tercinta, seperti melakukan staycation dengan keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba.

Manfaatkan promo yang ada untuk mendapatkan penawaran terbaik.

"Momen kebersamaan itu juga dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar cerita dan tawa sehingga kamu tidak merasa kesepian dalam melewati berbagai tantangan yang hadir bersama situasi pandemi," kata Wita.

Baca juga: Agar Aman dari Virus, Ini yang Harus Dilakukan Selama Staycation

3. Belanja untuk orang lain

Manfaatkan promo saat belanja online untuk memberikan hadiah pada orang tercinta.PEXELS/PORAPAK APICHODILOK Manfaatkan promo saat belanja online untuk memberikan hadiah pada orang tercinta.
Berbagi dengan orang lain terbukti dapat mengaktivasi area otak yang mengatur sistem reward dan menghasilkan rasa tenang dan senang yang baik untuk kesehatan mental.

Menurut Wita, ada tiga hal yang perlu dipenuhi agar belanja untuk orang lain dapat berdampak positif kepada diri sendiri, yaitu berbelanja untuk orang yang dianggap dekat, memberikan dampak yang berarti, dan merasa bebas untuk menentukan barang yang ingin diberikan.

Jadi, manfaatkanlah semua tawaran promo yang bisa didapatkan dari platform belanja online untuk memenuhi tiga hal tersebut.

Baca juga: Bingung Cari Kado untuk Remaja? Berikut Rekomendasinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com