Kompas.com - 08/10/2021, 12:13 WIB
Belanja online bisa menjadi bagian dari self care yang baik untuk kesehatan mental. SHUTTERSTOCKBelanja online bisa menjadi bagian dari self care yang baik untuk kesehatan mental.

KOMPAS.com - Belanja online semakin menjadi andalan bagi kebanyakan masyarakat. Adanya momen Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pun kerap dimanfaatkan untuk mendapatkan penawaran-penawaran menarik.

Meski belanja online selama ini cukup identik dengan perilaku boros dan impulsif, momen ini sebetulnya juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mental dengan self care kita, lho.

Self care adalah cara seseorang untuk menyediakan waktu untuk fokus dan merawat dirinya demi menjaga kesehatan fisik dan mental.

Psikolog Klinis dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia dan Klinik Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani, MPsi mengatakan, self care penting dilakukan secara rutin dan teratur, tak hanya ketika kita memiliki waktu luang saja.

Self care dapat membantu mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari. Salah satu cara self care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja.

"Namun, tentunya perlu diingat untuk berbelanja sesuai budget agar tidak semakin menambahkan beban pikiran. Selain itu, belanja dengan promo agar lebih hemat dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan berlipat," ungkap Wita seperti dikutip dari keterangan tertulis ShopeePay, Jumat (08/10/2021).

Baca juga: Perhatikan, 3 Tips Aman Belanja Online

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tips belanja online yang baik bagi kesehatan mental

Wita membagikan tiga cara belanja online yang dapat dilakukan sebagai bentuk self care dan baik untuk kesehatan mental:

1. Belanja online sebagai penghargaan diri

Jadikan belanja online sebagai momen untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri atau disebut self reward.SHUTTERSTOCK/Paisit Teeraphatsakool Jadikan belanja online sebagai momen untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri atau disebut self reward.
Jadikan belanja online sebagai momen untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri atau disebut self reward.

 

Menurut Wita, ini penting untuk dilakukan agar kita lebih termotivasi dan tetap bersemangat menjalani hari-hari.

Tak semua barang yang kita beli secara online dapat memberikan efek tersebut. Untuk menentukan mana saja pembelanjaan yang penting dan dapat dijadikan self reward, kita bisa mengumpulkannya di wishlist. Kemudian, saring kembali mana item pembelanjaan yang kira-kira dapat dijadikan penghargaan diri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.