Kompas.com - 08/10/2021, 13:25 WIB

KOMPAS.com - Bekerja dari rumah membuat kebanyakan orang merasa memiliki lebih banyak waktu dan ingin mengisinya dengan kegiatan produktif. Misalnya saja ikut kursus bahasa asing, rapat secara marathon, hingga mengerjakan beberapa proyek.

Kita mengira, apa yang kita lakukan itu produktif. Padahal, ada batas yang jelas antara menjadi produktif dan produktivitas toksik (toxic productivity).

Namun, sayangnya, kita sering kali terjebak pada jenis produktivitas yang kedua. Lantas, bagaimana kita mengetahui tanda-tanda bahwa kita sedang mengalami toxic productivity?

Tanda-tanda toxic productivity

Pada umumnya, produktivitas toksik adalah istilah lain dari bekerja berlebihan, "workaholic", dan kata-kata lain yang menggambarkan kita terlalu banyak bekerja hingga mengesampingkan istirahat.

Baca juga: 4 Kebiasaan Tak Produktif yang Bikin Kerja Lebih Produktif

"Toxic productivity itu memunculkan rasa bersalah kalau tidak mengerjakan sesuatu. Ujung-ujungnya, kita mengalami burnout yang membahayakan kesehatan dan itu harus dihindari," kata psikolog dari aplikasi konsultasi psikologi online Riliv, Graheta Rara Purwasono, MPsi, dalam siaran pers, Jumat (8/10/2021).

Pada akhirnya, toxic productivity membuat kita tidak bisa menikmati waktu berkualitas bersama teman dan keluarga atau bahkan diri sendiri karena kita terlalu sibuk.

Agar kita terhindar dari produktivitas toksik, Graheta memberikan beberapa tips supaya kita bisa memiliki kehidupan yang lebih sehat dan seimbang seperti berikut ini.

1. Buat batasan yang jelas

Ketika pekerjaan adalah satu-satunya hal yang berputar dalam pikiran kita, maka sulit untuk memikirkan hal lain yang sama pentingnya. Misalnya, beristirahat atau menghabiskan waktu bersama keluarga terkasih.

Nah, untuk itu, kita bisa menentukan batasan yang mengubah sudut pandang kita, dari yang hanya memikirkan pekerjaan ke hal-hal lain yang berarti dalam hidup, yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.