Kompas.com - 08/10/2021, 17:08 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak kebiasaan aneh yang melekat pada anjing. Salah satunya, hewan ini sering mengendus, bahkan menjilati tubuh tuannya.

Mungkin kita bertanya-tanya, apa yang sebenarnya dirasakan oleh anjing ketika hewan tersebut asyik "menjamahi" kita?

Perilaku seperti ini pada dasarnya merupakan bentuk kasih sayang yang diberikan anjing kepada pemiliknya, menurut dokter hewan Jennifer Coates, DVM.

"Anjing sering menjilati manusia untuk menunjukkan kasih sayang, sebagai salam, atau hanya untuk mendapatkan perhatian kita," sebut Coates.

"Jika terdapat sedikit makanan, losion, atau keringat di kulit kita, itu juga menyebabkan anjing menjilati kita."

Baca juga: Mengapa Anjing Suka Menjilat Benda di Sekitarnya?

Arti anjing menjilati wajah manusia

Coates yang merupakan dewan penasihat di Pet Life Today menambahkan, ketika kita melihat anjing berinteraksi satu sama lain, kedua hewan itu akan saling menjilati bagian wajah.

Hal ini tidak lepas dari kebiasaan anjing sejak kecil, di mana anak anjing akan menjilati mulut induknya agar sang induk memuntahkan makanan untuk kemudian dimakan anak anjing tersebut.

Cara itu juga berlaku ketika anjing menjilati wajah manusia. Hewan itu mencoba untuk mendapatkan makanan, dan mungkin saja ingin "mencicipi" sisa-sisa rasa dari makanan yang kita santap sebelumnya.

Amankah manusia terkena jilatan anjing?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.