Kompas.com - 08/10/2021, 17:24 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Lidah buaya kerap disebut sebagai tanaman ajaib. Karena selama beberapa dekade, lidah buaya diketahui memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan dan kesehatan.

Mulai dari melembapkan kulit, anti peradangan, perlindungan dari sinar ultraviolet, memperbaiki kesehatan rambut, percepatan perawatan cedera, dan lainnya.

Itu karena tanaman yang dikenal dengan sebutan aloe vera ini memiliki 75 komponen aktif yang baik sebagai vitamin, mineral, enzim, asam amino, dan lainnya.

Tak heran jika lidah buaya kerap dijadikan bahan dasar kosmetik, perawatan rambut, hingga makanan. Dan bukan hanya itu, ternyata lidah buaya pun bisa menjadi bahan kain yang sustainable.

Nama kain yang menggunakan bahan lidah buaya ini adalah Cotton Aloe. Harga kain jenis ini memang lebih mahal dibanding kain biasa. Salah satu alasannya karena proses pembuatan yang lebih lama.

"Jadi cotton aloe ini dibuat dengan ekstra treatment. Ketika finishing, kain diberi ekstra aloe vera dalam bentuk cair," ujar CEO Nirwana Group, Alex Ferdian Santoso kepada Kompas.com dalam pembukaan outlet kain terbarunya, Jumat (8/10/2021).

Untuk mengerjakan cotton aloe, ia bekerjasama dengan supplier. Teknologi yang digunakan, berasal dari Eropa.

Cotton aloe ini anti bakteri sehingga dapat membantu pakaian tetap segar lebih lama dan memberikan kelembaban pada kulit karena kandungan aloe veranya.

Kain jenis ini juga diklaim menyerap keringat sehingga pakaian tidak akan lembap dan nyaman dipakai.

"Hasil uji perbandingan antara cotton biasa dengan cotton lidah buaya terhadap bakteri staphylococcus aureus menunjukkan sifat cotton aloe anti bakteri. Bahkan setelah 50 kali dicuci," ucap dia.

Menurut Alex, kain lidah buaya tersebut saat ini cukup diminati di dalam maupun luar negeri.

"Sebenarnya kain anti bakteri itu banyak macamnya. Di berbagai negara banyak, sudah umum. Tapi yang menggunakan bahan dasar aloe vera tidak banyak," ucap dia.

Baca juga: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.