Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Lidah Buaya Bisa Dijadikan Bahan Kain, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 08/10/2021, 17:24 WIB
Reni Susanti,
Wisnubrata

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Lidah buaya kerap disebut sebagai tanaman ajaib. Karena selama beberapa dekade, lidah buaya diketahui memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan dan kesehatan.

Mulai dari melembapkan kulit, anti peradangan, perlindungan dari sinar ultraviolet, memperbaiki kesehatan rambut, percepatan perawatan cedera, dan lainnya.

Itu karena tanaman yang dikenal dengan sebutan aloe vera ini memiliki 75 komponen aktif yang baik sebagai vitamin, mineral, enzim, asam amino, dan lainnya.

Tak heran jika lidah buaya kerap dijadikan bahan dasar kosmetik, perawatan rambut, hingga makanan. Dan bukan hanya itu, ternyata lidah buaya pun bisa menjadi bahan kain yang sustainable.

Nama kain yang menggunakan bahan lidah buaya ini adalah Cotton Aloe. Harga kain jenis ini memang lebih mahal dibanding kain biasa. Salah satu alasannya karena proses pembuatan yang lebih lama.

"Jadi cotton aloe ini dibuat dengan ekstra treatment. Ketika finishing, kain diberi ekstra aloe vera dalam bentuk cair," ujar CEO Nirwana Group, Alex Ferdian Santoso kepada Kompas.com dalam pembukaan outlet kain terbarunya, Jumat (8/10/2021).

Untuk mengerjakan cotton aloe, ia bekerjasama dengan supplier. Teknologi yang digunakan, berasal dari Eropa.

Cotton aloe ini anti bakteri sehingga dapat membantu pakaian tetap segar lebih lama dan memberikan kelembaban pada kulit karena kandungan aloe veranya.

Kain jenis ini juga diklaim menyerap keringat sehingga pakaian tidak akan lembap dan nyaman dipakai.

"Hasil uji perbandingan antara cotton biasa dengan cotton lidah buaya terhadap bakteri staphylococcus aureus menunjukkan sifat cotton aloe anti bakteri. Bahkan setelah 50 kali dicuci," ucap dia.

Menurut Alex, kain lidah buaya tersebut saat ini cukup diminati di dalam maupun luar negeri.

"Sebenarnya kain anti bakteri itu banyak macamnya. Di berbagai negara banyak, sudah umum. Tapi yang menggunakan bahan dasar aloe vera tidak banyak," ucap dia.

Baca juga: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com