BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Memendam Rasa Cinta Bisa Mengganggu Kesehatan, Ini Buktinya!

Kompas.com - 09/10/2021, 08:31 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagian besar orang pasti pernah menyembunyikan perasaan, mulai dari marah, kecewa, sedih, hingga cinta.

Terdapat beragam alasan seseorang memilih untuk menekan perasaan. Salah satunya, sebagaimana dikutip dari laman Healthline, untuk menyembunyikan kelemahan. Dengan menunjukkan emosi, kelemahan dan kerentanan seseorang menjadi terekspos di hadapan orang lain.

Selain itu, seseorang juga memilih memendam perasaan karena merasa khawatir akan dihakimi dan dianggap tidak bisa mengelola emosi. Tak heran, beberapa orang memilih untuk menyembunyikan kesedihan, ketakutan, bahkan perasaan cinta.

Alasan lain yang membuat seseorang memilih memendam perasaan adalah menghindari luka. Orang tersebut lebih memilih untuk menyembunyikan emosi guna melindungi hubungan dengan orang lain.

Baca juga: Terkendala PPKM Darurat, Begini Cara Nyatakan Perasaan kepada si Dia

Pada kondisi tertentu, menyembunyikan perasaan memang perlu dilakukan. Hal ini pun tidak berpotensi menimbulkan masalah serius.

Namun, jika dibiarkan berlarut-larut, memendam perasaan ternyata memiliki efek signifikan terhadap kesehatan fisik dan mental.

Perasaan yang disembunyikan terus-menerus dapat membuat emosi semakin menumpuk dan berpotensi meledak. Pada akhirnya, hal ini akan mengganggu komunikasi dengan orang terdekat serta membuat hubungan menjadi tegang dan renggang.

Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa memendam perasaan dapat meningkatkan risiko kematian dini.

Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Psychosomatic Research (2013) menyebut bahwa memendam perasaan dan emosi berpotensi meningkatkan level stres seseorang.

Jika tidak ditangani, hal tersebut dapat menjadi pemicu kemunculan berbagai penyakit serius, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan masalah jantung.

Kemudian, penyakit-penyakit tersebut dapat meningkatkan risiko kematian, terutama jika dibiarkan tanpa pengobatan. Oleh karena itu, perasaan serta emosi sebaiknya tidak dipendam dan disembunyikan.

Seseorang harus menyadari bahwa emosi merupakan bagian dari pengalaman hidup. Jadi, tak ada salahnya untuk mengungkapkan perasaan dengan jujur dan gamblang, khususnya perasaan cinta.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan agar proses menyatakan perasaan cinta bisa berjalan lancar tanpa salah diartikan. Salah satunya adalah dengan memberikan hadiah, misalnya perhiasan berlian dari Frank & co.

Baca juga: Jadi Simbol Keabadian, Pahami Dulu 6 Jenis Potongan Berlian Ini Sebelum Lamaran

Sebagai brand profesional yang mengunggulkan produk perhiasan berlian asli, Frank & co. menyadari bahwa untuk menyatakan rasa yang besar, dibutuhkan cara yang besar pula.

Hal tersebut kemudian diwujudkan Frank & co. dengan meluncurkan campaign #NyatakanDenganFranknCo.

Melalui campaign itu, Frank & co. hadir untuk merayakan setiap momen dalam hidup, termasuk momen penting dalam menyatakan perasaan cinta, misalnya lamaran pernikahan.

Koleksi ring Alegria, bangle Trilogy, dan pendant Peony dari Frank & co. Frank & co. Koleksi ring Alegria, bangle Trilogy, dan pendant Peony dari Frank & co.

Pada momen lamaran pernikahan, sejumlah pasangan kerap memilih cincin berlian solitaire sebagai simbol ikatan cinta.

Selain itu, berbagai produk Frank & co. juga cocok dijadikan salah satu ide hadiah unik, termasuk hadiah untuk istri, pada momen apa pun. Salah satunya adalah bangle Trilogy yang melambangkan filosofi past, present, dan future.

Beberapa produk lain yang juga dapat dijadikan hadiah adalah cincin berlian wanita, kalung berlian mewah, dan liontin berlian asli.

Sementara itu, jika ingin menyatakan rasa sayang kepada seseorang, kamu dapat memberikan koleksi perhiasan pendant Peony.

Baca juga: Tak Melulu Berlutut, Begini Cara Kreatif Melamar Kekasih Saat Pandemi

Untuk diketahui, melalui produk-produknya, Frank & co. senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan pelajaran berharga mengenai memelihara perjalanan cinta sepasang kekasih. Komitmen ini kemudian diwujudkan melalui short movie #NyatakanDenganFranknCo.

Short movie tersebut bisa kamu saksikan di kanal Youtube Frank & co mulai Jumat (15/10/ 2021). Sambil menunggu penayangan episode pertama, kamu bisa menyaksikan teaser short movie tersebut terlebih dahulu.

Sementara itu, informasi lengkap mengenai berbagai produk unggulan Frank & co., dapat kamu temukan pada laman resmi dan akun Instagram @franknco_id.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com