Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 09/11/2022, 16:52 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ada berbagai cara menghilangkan stres yang bisa kita praktikkan. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak ada cara yang cocok untuk semua orang.

Cara menghilangkan stres yang cocok untuk kita di rumah mungkin tidak akan cocok untuk diterapkan ketika kita berada di tempat kerja atau di komunitas, dan belum tentu cocok juga untuk orang lain.

Jadi, penting untuk memiliki berbagai strategi menghilangkan stres yang dapat dipraktikkan di berbagai kondisi.

Baca juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: Makna, Sejarah, dan Tema Tahun Ini

Apa itu stres?

penting untuk memiliki berbagai cara menghilangkan stres yang dapat membantu kita menghadapi berbagai kondisi yang memicu stres.freepik penting untuk memiliki berbagai cara menghilangkan stres yang dapat membantu kita menghadapi berbagai kondisi yang memicu stres.
Stres adalah respons tubuh terhadap tantangan atau tuntutan. Setiap orang bisa mengalami stres dan pemicunya bisa datang dari berbagai peristiwa, mulai dari permasalahan kecil sehari-hari maupun perubahan besar dalam hidup, seperti perceraian atau kehilangan pekerjaan.

Menurut Cleveland Clinic, respons stres dapat mencakup komponen fisik, seperti peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, pikiran dan keyakinan pribadi tentang peristiwa stres, serta emosi, termasuk ketakutan dan kemarahan.

Meski kita sering menganggap stres sebagai sesuatu yang negatif, stres juga bisa datang dari perubahan positif dalam hidup kita, seperti promosi pekerjaan atau memiliki bayi.

Tetapi, stres juga memiliki tujuan penting, yakni memungkinkan kita merespons dengan cepat adanya ancaman dan menghindari bahaya.

Namun, paparan stres yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, atau masalah kesehatan fisik.

Baca juga: 5 Tips Atasi Kejenuhan dan Stres Bekerja Dari Rumah

Cara menghilangkan stres

Stres memang tidak bisa dihindari. Namun, kita bisa mencari cara menghilangkan stres dengan sehat sehingga dapat meningkatkan kemungkinan kita untuk pulih dari stres.

Beberapa cara menghilangkan stres yang dapat dipraktikkan antara lain:

1. Membayangkan tempat yang menyenangkan

Membayangkan tempat yang menurut kita menyenangkan atau kita sukai, seperti pantai, bisa menjadi cara menghilangkan stres untuk jangka pendek.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Membayangkan tempat yang menurut kita menyenangkan atau kita sukai, seperti pantai, bisa menjadi cara menghilangkan stres untuk jangka pendek.
Menurut Verywell Mind, membayangkan tempat yang menurut kita menyenangkan atau kita sukai bisa menjadi cara menghilangkan stres untuk jangka pendek.

Misalnya, membayangkan diri kita duduk di pinggir pantai, mendengarkan debur ombak, dan mencium bau air laut, semuanya bisa membantu menenangkan di kala stres.

Untuk melakukannya kita cukup menutup mata dan membayangkan gambaran-gambaran indah tersebut.

Pikirkan pengalaman sensori yang kita dapatkan ketika berada di tempat itu dan biarkan diri kita merasakan seperti benar-benar ada di sana.

Setelah beberapa menit, bukalah mata dan kembali ke momen saat ini.

Baca juga: 8 Alasan yang Bikin Kamu Ingin Segera Berlibur

2. Meditasi

Meditasi tak hanya menjadi salah satu cara menghilangkan stres untuk jangka pendek, tetapi juga memberi manfaat manajemen stres untuk jangka panjang.PEXELS/MONSTERA Meditasi tak hanya menjadi salah satu cara menghilangkan stres untuk jangka pendek, tetapi juga memberi manfaat manajemen stres untuk jangka panjang.
Meditasi tak hanya menjadi salah satu cara menghilangkan stres untuk jangka pendek, tetapi juga memberi manfaat manajemen stres untuk jangka panjang.

Ada banyak bentuk meditasi yang dapat dicoba sebagai cara menghilangkan stres. Masing-masing bentuk meditasi memiliki keunikan dan daya tarik sendiri.

Jadi, pilihlah bentuk meditasi yang paling cocok dengan diri kita.

Ketika bermeditasi, kita mungkin akan mengucapkan mantra atau kalimat secara berulang di dalam pikiran sambil menarik napas dalam-dalam.

Untuk melatih kesadaran penuh terhadap momen saat ini, kita mungkin butuh waktu beberapa menit.

Cukup perhatikan apa yang kita lihat, dengar, rasa, sentuh, dan cium.

Ketika fokus pada momen saat ini dan di sini, kita cenderung tidak akan merenungkan sesuatu yang telah terjadi dan tidak mengkhawatirkan sesuatu di masa depan.

Meditasi dan kesadaran membutuhkan latihan, tetapi ini dapat memberi perbedaan besar terhadap tingkat stres kita secara keseluruhan karena kita kembali ke masa kini.

Baca juga: 10 Hal Sederhana untuk Mengatasi Stres, Cuma Perlu 15 Menit

3. Jalan kaki

Berolahraga adalah cara menghilangkan stres yang baik dan bisa langsung memberi dampak dalam beberapa menit saja.SHUTTERSTOCK Berolahraga adalah cara menghilangkan stres yang baik dan bisa langsung memberi dampak dalam beberapa menit saja.
Berolahraga adalah cara menghilangkan stres yang baik dan bisa langsung memberi dampak dalam beberapa menit saja.

Berjalan kaki sambil melihat pemandangan sekitar bisa membantu kita mendapatkan inspirasi pola pikir berbeda sekaligus mendapatkan manfaat olahraga.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com