Kompas.com - 10/10/2021, 10:40 WIB
Ada berbagai cara menghilangkan stres yang bisa kita praktikkan. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak ada cara yang cocok untuk semua orang. PEXELS/DAVID GARRISONAda berbagai cara menghilangkan stres yang bisa kita praktikkan. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak ada cara yang cocok untuk semua orang.

KOMPAS.com - Ada berbagai cara menghilangkan stres yang bisa kita praktikkan. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak ada cara yang cocok untuk semua orang.

Cara menghilangkan stres yang cocok untuk kita di rumah mungkin tidak akan cocok untuk diterapkan ketika kita berada di tempat kerja atau di komunitas, dan belum tentu cocok juga untuk orang lain.

Jadi, penting untuk memiliki berbagai strategi menghilangkan stres yang dapat dipraktikkan di berbagai kondisi.

Baca juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: Makna, Sejarah, dan Tema Tahun Ini

Apa itu stres?

penting untuk memiliki berbagai cara menghilangkan stres yang dapat membantu kita menghadapi berbagai kondisi yang memicu stres.freepik penting untuk memiliki berbagai cara menghilangkan stres yang dapat membantu kita menghadapi berbagai kondisi yang memicu stres.
Stres adalah respons tubuh terhadap tantangan atau tuntutan. Setiap orang bisa mengalami stres dan pemicunya bisa datang dari berbagai peristiwa, mulai dari permasalahan kecil sehari-hari maupun perubahan besar dalam hidup, seperti perceraian atau kehilangan pekerjaan.

Menurut Cleveland Clinic, respons stres dapat mencakup komponen fisik, seperti peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, pikiran dan keyakinan pribadi tentang peristiwa stres, serta emosi, termasuk ketakutan dan kemarahan.

Meski kita sering menganggap stres sebagai sesuatu yang negatif, stres juga bisa datang dari perubahan positif dalam hidup kita, seperti promosi pekerjaan atau memiliki bayi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi, stres juga memiliki tujuan penting, yakni memungkinkan kita merespons dengan cepat adanya ancaman dan menghindari bahaya.

Namun, paparan stres yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, atau masalah kesehatan fisik.

Baca juga: 5 Tips Atasi Kejenuhan dan Stres Bekerja Dari Rumah

Cara menghilangkan stres

Stres memang tidak bisa dihindari. Namun, kita bisa mencari cara menghilangkan stres dengan sehat sehingga dapat meningkatkan kemungkinan kita untuk pulih dari stres.

Beberapa cara menghilangkan stres yang dapat dipraktikkan antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.