Kompas.com - 10/10/2021, 12:00 WIB
Me time memiliki dampak penting bagi kesehatan mental. PEXELS/RODNAE Me time memiliki dampak penting bagi kesehatan mental.

KOMPAS.com - Sebagai manusia, kita cenderung menjadi makhluk sosial dan penelitian telah menunjukkan, hubungan sosial sangat penting untuk kesejahteraan emosional maupun fisik.

Namun, memiliki waktu untuk diri sendiri atau "me time" ternyata juga memainkan peran yang penting dalam meningkatkan kesehatan mental.

Karena memiliki waktu untuk diri sendiri memberikan kita kesempatan untuk melepaskan diri dari tekanan sosial dan memanfaatkan pikiran, perasaan, serta pengalaman kita sendiri.

Pentingnya memiliki waktu untuk diri sendiri

Menemukan waktu untuk menyendiri dapat memiliki sejumlah manfaat utama. Beberapa di antaranya adalah:

Eksplorasi pribadi

Menjadi nyaman dengan diri sendiri dapat memberikan kita waktu dan kebebasan untuk benar-benar mengeksplorasi hasrat diri tanpa gangguan.

Baca juga: Menyertakan Aktivitas Me Time Bikin Perawatan Estetik Lebih Efektif

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini bisa menjadi cara untuk mencoba hal-hal baru, memeroleh banyak informasi dan pengetahuan, serta mempraktikkan metode ekspresi diri yang baru.

Memberi diri kita waktu sendiri juga berarti kita dapat menjelajahi hal-hal ini tanpa tekanan dan penilaian yang mungkin dipaksakan orang lain.

Maka dari itu, memiliki waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk pertumbuhan dan pengembangan pribadi.

Alih-alih mengkhawatirkan kebutuhan, minat, dan pendapat orang lain, waktu menyendiri justru memungkinkan kita fokus pada diri sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.