Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Pas Kematangannya

Kompas.com - Diperbarui 16/11/2022, 06:33 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Cara memilih alpukat yang bagus dan matang adalah hal yang gampang-gampang susah. Salah menentukan kematangan alpukat bisa sangat mengurangi kelezatannya.

Mengetahui cara memilih alpukat yang bagus bisa membantu kita mendapatkan buah yang tingkat kematangannya sempurna dan rasanya maksimal ketika dikonsumsi.

Cara memilih alpukat yang bagus

Berikut beberapa cara memilih alpukat yang bagus dan matang:

1. Menekan bagian dekat batang alpukat

Salah satu cara memilih alpukat yang bagus dan umum diketahui adalah menekan buahnya di area dekat batang.UNSPLASH/GIL NDJOUWOU Salah satu cara memilih alpukat yang bagus dan umum diketahui adalah menekan buahnya di area dekat batang.
Salah satu cara memilih alpukat yang bagus dan umum diketahui adalah menekan buahnya. Cara ini juga banyak dilakukan pada buah lain.

Namun, menurut Eat This Not That, hindari menekan bagian sampingnya karena bisa menyebabkan memar pada daging buah alpukat yang nantinya akan kita makan. Jadi, tekan perlahan di bagian atas alpukat yang dekat dengan batangnya.

Jangan tekan keras-keras, cukup tekan dengan kekuatan yang kurang lebih sama seperti kita menekan mouse komputer.

Jika bentuknya masih bisa dipertahankan, maka alpukat siap disantap. Sementara jika tekanan tersebut meninggalkan seperti bekas penyok, artinya alpukat sudah terlalu matang dan bagian dalamnya berwarna cokelat.

Bahkan jika alpukat tersebut akan dimakan di hari itu juga, executive chef NeueHouse, Anne Thornton mengatakan kepada Well and Good, bekas tekanan jari hanya boleh memberi bekas sedikit lekukan namun masih padat, bukan lembek.

 Baca juga: Cara Menyimpan Alpukat di Kulkas Agar Warna dan Rasanya Tak Berubah

2. Mengibaskan batang alpukat

Cara memilih alpukat yang bagus lainnya adalah dengan mencoba mengibaskan batang kecil dari buahnya, meskipun mungkin tak semua alpukat yang hendak kita beli atau konsumsi masih memiliki batang.PIXABAY/KJOKKENUTSTYR Cara memilih alpukat yang bagus lainnya adalah dengan mencoba mengibaskan batang kecil dari buahnya, meskipun mungkin tak semua alpukat yang hendak kita beli atau konsumsi masih memiliki batang.
Cara memilih alpukat yang bagus lainnya adalah dengan mencoba mengibaskan batang kecil dari buahnya, meskipun mungkin tak semua alpukat yang hendak kita beli atau konsumsi masih memiliki batang.

Menurut editor America's Test Kitchen dalam buku The New Essentials Cookbook: A Modern Guide to Better Cooking, jika batang mudah lepas dan kita dapat melihat warna hijau di bawahnya, artinya alpukat sudah matang.

Jika tidak mudah lepas atau kita melihat warna cokelat di bawahnya, berarti alpukat belum matang, atau terlalu matang sehingga sebaiknya tidak dipilih.

 Baca juga: 2 Cara Simpan Alpukat Matang, Bisa Tahan Seminggu

3. Warna alpukat

Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah melalui warnanya. Alpukat yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna kulit hijau gelap, terkadang hampir berwarna hitam.UNSPLASH/HITOSHI NAMURA Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah melalui warnanya. Alpukat yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna kulit hijau gelap, terkadang hampir berwarna hitam.
Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah melalui warnanya.

Menurut Anne Thornton, alpukat yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna kulit hijau gelap, terkadang hampir berwarna hitam. Ini berlaku jika kita ingin memakannya hari itu juga.

Sementara jika berencana memakannya besok atau lusa, pilih alpukat dengan kulit berwarna hijau tua.

Meski begitu, warna tidak selalu bisa menjadi acuan. Menurut California Avocado Commision, ada banyak varietas alpukat yang berbeda dan semuanya berubah warna saat matang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com