Kompas.com - 10/10/2021, 20:00 WIB
Cokelat hitam adalah salah satu makanan yang mengandung lemak sehat yang baik bagi kesehatan. UNSPLASH/TETIANA BYKOVETSCokelat hitam adalah salah satu makanan yang mengandung lemak sehat yang baik bagi kesehatan.

KOMPAS.com - Menjaga pola makan rupanya memainkan peran kunci yang sangat penting dalam umur panjang dan meningkatkan kesehatan otak kita.

Menurut National Institute on Aging, mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat secara langsung berdampak pada peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh kita.

Keduanya bisa memengaruhi risiko penyakit neurodegeneratif, termasuk alzheimer dan parkinson.

Sebagai seorang ahli diet, Lauren Amstrong selalu mengatakan kepada orang-orang untuk memerhatikan kesehatan otak dengan baik.

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin, Bikin Bahagia hingga Menambah Daya Ingat

Sebab, organ ini adalah dalang di balik hampir semua hal yang berkaitan dengan pikiran, ingatan, fokus, gerakan, pernapasan, dan bahkan detak jantung kita.

Maka dari itu, selain menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, mengatur asupan makanan tertentu juga dapat membantu membuat otak kita lebih kuat, tajam, dan cerdas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, Amstrong juga berbicara pada pakar nutrisi di Harvard Medical School, Dr Uma Naidoo, yang membagikan beberapa jenis makanan untuk mempertajam ingatan dan fokus pikiran sebagai berikut ini.

1. Cokelat hitam

"Cokelat hitam penuh dengan antioksidan dan flavanol kakao yang membantu menjaga kesehatan sel-sel otak," kata Naidoo.

"Ini juga mengandung serat untuk membantu mengurangi peradangan otak dan mencegah penurunan kognitif," sambung dia.

Sebuah studi tahun 2020 melihat bagaimana cokelat hitam dan cokelat putih dapat memengaruhi memori orang dewasa muda yang sehat.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.