Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan untuk Mempertajam Ingatan dan Fokus Pikiran

Kompas.com - 10/10/2021, 20:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Menjaga pola makan rupanya memainkan peran kunci yang sangat penting dalam umur panjang dan meningkatkan kesehatan otak kita.

Menurut National Institute on Aging, mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat secara langsung berdampak pada peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh kita.

Keduanya bisa memengaruhi risiko penyakit neurodegeneratif, termasuk alzheimer dan parkinson.

Sebagai seorang ahli diet, Lauren Amstrong selalu mengatakan kepada orang-orang untuk memerhatikan kesehatan otak dengan baik.

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin, Bikin Bahagia hingga Menambah Daya Ingat

Sebab, organ ini adalah dalang di balik hampir semua hal yang berkaitan dengan pikiran, ingatan, fokus, gerakan, pernapasan, dan bahkan detak jantung kita.

Maka dari itu, selain menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, mengatur asupan makanan tertentu juga dapat membantu membuat otak kita lebih kuat, tajam, dan cerdas.

Nah, Amstrong juga berbicara pada pakar nutrisi di Harvard Medical School, Dr Uma Naidoo, yang membagikan beberapa jenis makanan untuk mempertajam ingatan dan fokus pikiran sebagai berikut ini.

1. Cokelat hitam

"Cokelat hitam penuh dengan antioksidan dan flavanol kakao yang membantu menjaga kesehatan sel-sel otak," kata Naidoo.

"Ini juga mengandung serat untuk membantu mengurangi peradangan otak dan mencegah penurunan kognitif," sambung dia.

Sebuah studi tahun 2020 melihat bagaimana cokelat hitam dan cokelat putih dapat memengaruhi memori orang dewasa muda yang sehat.

Peserta yang diberi cokelat hitam memiliki kinerja memori verbal yang lebih baik dua jam setelah mengonsumsi cokelat, dibandingkan dengan kelompok yang menerima cokelat putih.

Para peneliti juga lebih menyarankan cokelat hitam karena kandungan flavonoid yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan fungsi kognitif pada manusia.

Menurut Naidoo, cokelat hitam yang baik itu setidaknya harus mengandung 70 persen kakao atau lebih. Namun, kita juga tidak boleh berlebihan dengan ukuran porsinya.

Baca juga: Selalu Terngiang Lagu di Kepala Bermanfaat untuk Daya Ingat

"Satu meta-analisis menunjukkan, jumlah optimal konsumsi cokelat hitam untuk kesehatan pembuluh darah kita — termasuk yang memasok darah ke otak — adalah sekitar 45 gram per minggu," jelasnya.

2. Buah beri

Buah beri menjadi salah satu jenis buah yang dapat membantu mengatasi sembelit.PIXABAY/COULEUR Buah beri menjadi salah satu jenis buah yang dapat membantu mengatasi sembelit.
Naidoo mengatakan, buah beri dikemas dengan antioksidan, fitonutrien, serat, vitamin, dan mineral.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com