Kompas.com - 11/10/2021, 09:15 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Sepeda gravel atau sepeda yang bisa digunakan di area offroad atau penuh kerikil umumnya tidak terlalu berat dan bisa diangkat saat melewati medan yang agak sulit.

Meski demikian, sebagian besar sepeda jenis ini berbobot sekitar 7-9 kilogram, masih cukup berat bagi beberapa orang.

Namun berkat kemajuan teknologi, produsen sepeda asal Amerika Serikat, Specialized, baru saja meluncurkan All-New Crux, sepeda gravel yang diklaim sebagai sepeda gravel teringan di dunia, dengan tire clearance yang besar dan geometri khusus untuk medan gravel.

Dengan berat hanya 725 gram saja, sepeda Crux ini menawarkan body responsif yang membuatnya lebih gesit dan reaktif.

Dan dengan tire clearance  47C, sepeda ini menawarkan kemampuan untuk digunakan menghadapi berbagai medan.

Crux juga memiliki chainstay drive-side yang lurus dan berongga, dan bagian pedal atau crankset 1x dan 2x yang dibuat lebih ringan. 

Baca juga: Sepeda Apa yang Cocok Untuk Anda?

“Kami memahami bahwa sepeda ultra ringan dengan tire clearance yang besar akan benar-benar meningkatkan kinerja sepeda gravel,” kata Stewart Thompson, pemimpin produk offroad dan gravel di Specialized, dalam sebuah pernyataan.

Sepeda ini memiliki reach 10mm lebih panjang untuk memberi pengendara distribusi bobot yang ideal dan stem yang lebih pendek agar kemudi lebih terkontrol.

Sementara geometri sepeda ini dirancang agar pengendara merasa percaya diri, namun tetap membuat mereka merasa gesit saat memakainya.

Intinya, Crux menawarkan konstruksi modern dan sederhana dengan melepas rak, spatbor, dan dudukan tas sehingga pengendara mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih mudah.

Dan dengan desain minimalisnya, sepeda ini tetap memiliki fitur dropout, thru-axle, seatpost clamp dan derailleur hanger yang seluruhnya “dipinjam” dari Aethos.

Untuk spesifikasi kustomisasi dan detail harga sepeda, bisa dilihat di situs resmi Specialized.

Baca juga: Panduan Memilih Sepeda Gunung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.