Kompas.com - 11/10/2021, 09:35 WIB
Manfaat bersyukur untuk kesehatan mental mungkin jauh lebih besar daripada yang kita duga. UNSPLASH/ZAC DURANTManfaat bersyukur untuk kesehatan mental mungkin jauh lebih besar daripada yang kita duga.

KOMPAS.com - Manfaat bersyukur untuk kesehatan sangatlah beragam, mungkin jauh lebih besar daripada yang kita duga.

Harvard Health Publishing menyebutkan, dalam penelitianj psikologi positif, bersyukur secara kuat dan konsisten dikaitkan dengan kebahagiaan yang lebih besar.

Beberapa manfaat bersyukur termasuk membantu seseorang merasakan emosi yang lebih positif, menikmati pengalaman yang baik, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, mengatasi kesulitan, dan membangun relasi yang kuat dengan orang lain.

Demi mendapatkan manfaat bersyukur untuk kesehatan mental dan fisik, kita bisa melakukannya lewat berbagai cara.

Bersyukur bisa dilakukan dengan berterima kasih atas memori positif di masa lalu yang sudah lewat, bersyukur untuk masa kini dengan mengusahakan yang terbaik untuk masa depan, serta bersyukur untuk masa depan, yakni dengan mempertahankan sikap penuh harapan dan optimis.

Baca juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: Makna, Sejarah, dan Tema Tahun Ini

Manfaat bersyukur untuk kesehatan

Menurut Mind Body Green, berikut sejumlah manfaat bersyukur untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan, antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bersyukur membantu mengatasi stres

Manfaat bersyukur untuk kesehatan mental salah satunya adalah meningkatkan regulasi emosional. Ini adalah kunci dalam mengelola stres.freepik Manfaat bersyukur untuk kesehatan mental salah satunya adalah meningkatkan regulasi emosional. Ini adalah kunci dalam mengelola stres.
Manfaat bersyukur untuk kesehatan mental salah satunya adalah meningkatkan regulasi emosional. Ini adalah kunci dalam mengelola stres.

Menurut Mind Body Green, pada sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, peneliti menganalisis detak jantung peserta sebelum, selama, dan setelah mengalami rasa syukur, serta sebelum, selama, dan setelah mengalami kebencian.

Ketika seseorang fokus pada hal-hal yang mereka syukuri, detak jantung mereka akan menurun. Ini adalah perubahan yang berkaitan dengan ketenangan dan membuat pikiran lebih mudah untuk tidak terlalu sibuk mengkhawatirkan berbagai hal.

Temuan ini menunjukkan bahwa ketika kita berada pada situasi stres, manfaat bersyukur bisa membantu kita menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga mengurangi beban fisik dan gejala masalah kesehatan mental.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Stres, Demi Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.