Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2021, 10:45 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mengonsumsi camilan sehat bisa menjadi bagian dari pola hidup sehat secara keseluruhan yang membantu kita menyukseskan rencana diet.

Meskipun sedang diet, bukan berarti kita harus menyingkirkan camilan sepenuhnya, lho. Ada banyak camilan sehat yang bisa kita konsumsi, yang tentunya tetap lezat untuk dinikmati.

Camilan sehat yang seperti apa?

Memilih makanan sehat adalah salah satu langkah untuk sukses menjalankan diet sehat.

Menurut Medical News Today, secara umum, makanan yang tinggi serat atau protein cenderung lebih mengenyangkan. Artinya, ketika makan makanan tersebut kita akan lebih cepat kenyang dan makan lebih sedikit, sehingga terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Pertimbangan lainnya adalah memilih makanan rendah kalori dan padat nutrisi. Lagi-lagi, hal ini juga membuat kita lebih cepat kenyang, makan lebih sedikit, dan terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Beberapa makanan juga membantu meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Energi yang lebih tinggi akan membantu kita membakar lebih banyak kalori, sementara metabolisme tubuh yang lebih tinggi akan membantu tubuh kita lebih efisien dalam memproses makanan.

Beberapa jenis makan yang konsumsinya perlu dihindari atau dibatasi antara lain:

  • Makanan tinggi garam
  • Makanan tinggi gula
  • Makanan tinggi lemak jenuh
  • Sumber karbohidrat sederhana

Makanan yang minum proses adalah pilihan yang baik, termasuk jika sedang memilih camilan sehat. Sebab, banyak jenis camilan yang tinggi gula, garam, atau keduanya.

Mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Selain itu, makan camilan sehat juga membantu kita mencegah perilaku makan berlebih karena mendapatkan vitamin, serat, dan protein dalam jumlah cukup.

Baca juga: 20 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok untuk Diet

Camilan sehat untuk diet

Beberapa jenis camilan sehat yang baik dikonsumsi bagi orang yang sedang diet antara lain:

1. Kacang-kacangan

Kacang adalah salah satu camilan sehat karena kaya akan nutrisi dan membantu kita menekan keinginan ngemil makanan tinggi garamUNSPLASH/AVINASH KUMAR Kacang adalah salah satu camilan sehat karena kaya akan nutrisi dan membantu kita menekan keinginan ngemil makanan tinggi garam
Menurut Healthgrades, kacang adalah salah satu camilan sehat karena kaya akan nutrisi dan membantu kita menekan keinginan ngemil makanan tinggi garam. Kacang juga dapat membantu kita merasa kenyang sebelum waktu makan selanjutnya.

Beberapa kacang yang bisa dijadikan camilan sehat seperti almond, kenari, dan kacang-kacangan lain yang tinggi protein dan serat.

Selain membantu kita untuk merasa kenyang, kacang juga merupakan camilan sehat karena membantu menyehatkan jantung dan rendah kalori.

Kacang bisa dinikmati sendiri atau dipadukan dengan menu lainnya. Pastikan kacang untuk camilan sehat tidak mengandung garam tinggi.

Baca juga: Mengenali Beragam Manfaat Kesehatan dari Kacang Almond

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com