Kompas.com - 11/10/2021, 10:45 WIB
Mengonsumsi camilan sehat bisa menjadi bagian dari pola hidup sehat secara keseluruhan yang membantu kita menyukseskan rencana diet. UNSPLASH/BROOKE LARKMengonsumsi camilan sehat bisa menjadi bagian dari pola hidup sehat secara keseluruhan yang membantu kita menyukseskan rencana diet.

KOMPAS.com - Mengonsumsi camilan sehat bisa menjadi bagian dari pola hidup sehat secara keseluruhan yang membantu kita menyukseskan rencana diet.

Meskipun sedang diet, bukan berarti kita harus menyingkirkan camilan sepenuhnya, lho. Ada banyak camilan sehat yang bisa kita konsumsi, yang tentunya tetap lezat untuk dinikmati.

Camilan sehat yang seperti apa?

Memilih makanan sehat adalah salah satu langkah untuk sukses menjalankan diet sehat.

Menurut Medical News Today, secara umum, makanan yang tinggi serat atau protein cenderung lebih mengenyangkan. Artinya, ketika makan makanan tersebut kita akan lebih cepat kenyang dan makan lebih sedikit, sehingga terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Pertimbangan lainnya adalah memilih makanan rendah kalori dan padat nutrisi. Lagi-lagi, hal ini juga membuat kita lebih cepat kenyang, makan lebih sedikit, dan terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Beberapa makanan juga membantu meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Energi yang lebih tinggi akan membantu kita membakar lebih banyak kalori, sementara metabolisme tubuh yang lebih tinggi akan membantu tubuh kita lebih efisien dalam memproses makanan.

Beberapa jenis makan yang konsumsinya perlu dihindari atau dibatasi antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Makanan tinggi garam
  • Makanan tinggi gula
  • Makanan tinggi lemak jenuh
  • Sumber karbohidrat sederhana

Makanan yang minum proses adalah pilihan yang baik, termasuk jika sedang memilih camilan sehat. Sebab, banyak jenis camilan yang tinggi gula, garam, atau keduanya.

Mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Selain itu, makan camilan sehat juga membantu kita mencegah perilaku makan berlebih karena mendapatkan vitamin, serat, dan protein dalam jumlah cukup.

Baca juga: 20 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok untuk Diet

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.