BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Masih Ragu Nonton di Bioskop? Yuk Sulap Kamar Tidur Jadi Bioskop Pribadi Hanya dengan Smartphone

Kompas.com - 11/10/2021, 14:35 WIB
Ilustrasi mendapatkan hiburan dengan Oppo Reno6 Series. Dok. OppoIlustrasi mendapatkan hiburan dengan Oppo Reno6 Series.

KOMPAS.com – Seiring dengan penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali, beberapa fasilitas publik kembali diizinkan beroperasi. Salah satunya adalah bioskop.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (14/9/2021), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa bioskop sudah boleh beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen di kota-kota dengan PPKM level 3 dan 2.

Mengantisipasi penyebaran virus, para pengunjung tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Salah satu prokes yang harus diterapkan adalah menggunakan masker selama berada di dalam bioskop. Penonton bioskop juga dilarang untuk makan dan minum selama menonton.

Baca juga: PPKM Level 3 di Kota Tangerang, Pusat Kebugaran dan Konter Makanan di Bioskop Mulai Beroperasi

Pembukaan bioskop menjadi obat rindu bagi penggemar film. Meski demikian, tidak sedikit orang masih ragu untuk menonton di bioskop karena pandemi belum berlalu.

Apabila Anda merupakan salah satu orang yang punya keraguan tersebut, ciptakan saja suasana bioskop di dalam rumah. Hanya berbekal smartphone, Anda dapat menikmati film-film terkini tanpa harus keluar rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain aman dan nyaman, menonton film di rumah dapat dilakukan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Anda bisa membuat bioskop di ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Misalnya saja, kamar tidur. Berikut lima tips untuk menyulap kamar tidur menjadi bioskop pribadi.

1. Download film dari layanan streaming

Saat ini, banyak layanan streaming berbayar menyediakan film dari berbagai genre, mulai dari drama romantis, komedi, dokumenter, hingga thriller. Anda dapat memilihnya sesuai keinginan.

Langkah pertama untuk menikmati film layaknya di bioskop adalah mengunduh film yang ingin ditonton dari layanan streaming. Hal tersebut dilakukan agar aktivitas menonton film tidak terganggu oleh gangguan sinyal.

Baca juga: 7 Layanan Streaming Film Legal untuk Temani Waktu Libur Panjang

Selain itu, saat mulai memutar film, matikan berbagai macam notifikasi pada smartphone. Tujuannya, supaya Anda dapat fokus menonton tanpa gangguan.

2. Pilih layar atau media untuk menonton

Supaya atmosfer bioskop semakin terasa, Anda harus menonton pada layar yang lebar pula. Anda dapat menyambungkan smartphone ke proyektor lalu memproyeksikan gambar pada salah satu dinding kamar. Pilih dinding yang kosong dengan warna cat putih agar tampilan gambar lebih maksimal.

Selain itu, Anda juga dapat menyambungkan smartphone ke layar smart TV yang memiliki ukuran layar lebar, misalnya 42 atau 50 inci. Beberapa smartphone kini memiliki fitur yang dapat menghubungkan layar ponsel ke TV secara otomatis.

Salah satunya adalah fitur Screencast yang terdapat pada Oppo Reno6. Cara menghubungkan Oppo Reno6 ke televisi menggunakan fitur tersebut cukup mudah.

Anda dapat mengaksesnya lewat menu Settings, kemudian aktifkan Location Permissions dengan memilih Allow All The Time, Allow Only While Using the App, Ask Every Time, atau Deny terlebih dahulu.

Selanjutnya, pastikan ponsel dan perangkat smart TV terkoneksi di jaringan WiFi yang sama. Kemudian, hubungkan keduanya untuk menyaksikan film yang ada pada Oppo Reno6 tampil di layar televisi.

Ilustrasi membuat konten dengan Oppo Reno6.Dok. Oppo Ilustrasi membuat konten dengan Oppo Reno6.

Anda juga bisa menggunakan perangkat Google Chromecast untuk menghubungkan layar Oppo Reno6 ke televisi. Hubungkan perangkat tersebut dengan TV melalui port HDMI. Untuk proses sinkronisasi, baik Oppo Reno6 maupun Google Chromecast harus terkoneksi dengan WiFi yang sama.

Selain itu, ada cara mudah lain untuk memindahkan tampilan dari smartphone ke layar televisi yakni menggunakan screen mirroring melalui aplikasi Google Home. Sama seperti cara sebelumnya, Anda perlu memastikan smartphone dan televisi terhubung di jaringan WiFi yang sama.

Setelah memilih akun Google, Anda dapat memilih opsi Mirror Device. Tunggu nama perangkat televisi muncul di Oppo Reno6. Lalu, klik Cast Screen or Audio. Perangkat televisi pun secara otomatis akan terhubung dengan Oppo Reno6.

3. Perhatikan pencahayaan kamar

Melansir techradar.com, Senin (13/4/2020), hal yang sangat penting untuk membuat bioskop dalam kamar adalah pencahayaan. Selain mematikan lampu saat menonton film, Anda dapat menutup gorden dan membuat seminim mungkin cahaya masuk ke dalam kamar.

Baca juga: Menjajal Omoji di Oppo Reno6, Fitur Baru ColorOS 12

Anda juga bisa memilih gorden atau tirai dengan bahan yang tebal untuk menutupi seluruh sudut di dalam kamar. Untuk penerangan yang minimal di kamar, Anda dapat menggunakan lampu kabel warna kuning.

Selain untuk penerangan, lampu tersebut akan memberi kesan hangat dan romantis di dalam kamar.

4. Atur audio dengan speaker wireless

Salah satu keseruan menonton bioskop adalah penonton dapat menikmati audio yang jernih dari film yang diputar. Nah, supaya dapat optimal dalam membuat bioskop di rumah, Anda juga harus memperhatikan audio.

Ilustrasi penggunaan Oppo Reno6 yang dihubungkan dengan speaker wireless.Dok. Oppo Ilustrasi penggunaan Oppo Reno6 yang dihubungkan dengan speaker wireless.

Anda dapat menggunakan home theatre tambahan untuk mendapatkan pengalaman audio dengan kualitas suara yang tinggi dan mendukung fitur audio Dolby. Untuk bioskop di kamar, Anda bisa menggunakan speaker wireless yang praktis dan mudah dipindahkan.

Speaker wireless dapat disambungkan ke smartphone dengan mengaktifkan Bluetooth. Anda pun dapat mengatur letak speaker tersebut untuk mendapatkan audio yang optimal.

5. Sediakan camilan

Tak lengkap menonton film di bioskop tanpa camilan. Popcorn merupakan camilan klasik khas bioskop yang sebenarnya bisa Anda bikin sendiri di rumah.

Anda pun dapat mengkreasikan popcorn dengan berbagai topping yang diinginkan. Popcorn dengan butter menjadi rasa favorit hampir semua orang, tetapi Anda bisa membuat popcorn dengan menambahkan keju atau gula halus. Rasanya juga tak kalah nikmat.

Baca juga: Biar Makin Gereget, Ini 5 Perangkat Penting yang Perlu Dimiliki Mobile Gamers

Selain popcorn, camilan yang biasa Anda nikmati saat di bioskop adalah nachos dan hotdog. Jika tidak sempat membuat sendiri, Anda bisa membelinya melalui layanan antar online.

Itu tadi lima cara menyulap kamar tidur menjadi bioskop pribadi hanya berbekal smartphone. Dengan cara ini, Anda pun dapat menonton film favorit kapan saja dengan aman dan nyaman.

Anda yang ingin segera menciptakan bioskop di rumah juga bisa memanfaatkan promo Reno Ultimate Fun Package. Dengan membeli Oppo Reno6 seharga Rp 5.1999.000 pada periode 8-15 Oktober 2021, Anda akan mendapatkan gratis Reno Wireless Mini Home Theater.

Ilustrasi penggunaan Oppo Reno6 yang dihubungkan dengan speaker wireless. Dok. Oppo Ilustrasi penggunaan Oppo Reno6 yang dihubungkan dengan speaker wireless.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan Telkomsel BundlingMAX kuota hingga 16GB dengan membeli paket Rp 75.000 untuk dapatkan free Disney Plus Hotstar.

Informasi lebih mengenai promo Reno Ultimate Fun Package dapat dilihat pada tautan berikut ini.

Baca juga: Mau Bisnismu Jadi Makin Hits? Buat Video Marketing dengan 4 Trik Jitu Berikut

Selain bisa digunakan untuk menciptakan bioskop di dalam kamar, Anda juga bisa menonton film langsung di perangkat Oppo Reno6 dengan kualitas tak kalah bagus.

Pasalnya, smartphone besutan Oppo ini memiliki layar Amoled berukuran 6,4 inci dengan rasio layar 91,7 persen dan resolusi 2400 x 1080 (FHD+). Layar tersebut sudah mendukung refresh rate 90 Hz yang membuat kegiatan menonton lebih nyaman.

Urusan dapur pacu, Oppo Reno6 dibekali chipset Snapdragon 720G yang dipadukan RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan 128 GB. Anda juga masih dapat menambahkan RAM hingga 5 GB melalui RAM Expansion.

Ilustrasi penggunaan fitur kamera Oppo Reno6  di luar ruangan.Dok. Oppo Ilustrasi penggunaan fitur kamera Oppo Reno6 di luar ruangan.

Satu lagi yang membuat Oppo Reno6 nyaman untuk menonton film adalah baterainya yang awet. Dengan kapasitas 4.310 mAh, Anda dapat menikmati berbagai hiburan sepanjang hari. Dilengkapi dengan fitur 50W Flash Charge, cukup 45 menit untuk mengisi daya baterai dari kondisi kosong hingga 100 persen.

Untuk mengetahui informasi mengenai Oppo Reno6, silakan klik di sini


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.