Kompas.com - 11/10/2021, 15:52 WIB
Ilustrasi work from home Ilustrasi work from home

KOMPAS.com - Opsi work from home (WFH) kini menjadi pilihan banyak pekerja. Selama pandemi, banyak karyawan yang merasakan banyak keuntungan bekerja dari rumah. 

Namun, pilihan itu ternyata dianggap menjadi dilema bagi para mahasiswa tahun akhir yang akan masuk dunia kerja. Mereka merasa menyukai gagasan WFH tetapi khawatir tidak memiliki "hubungan sosial" kalau tidak ke kantor.

Karena para mahasiswa tersebut tidak pernah bekerja di lingkungan kantor, mereka khawatir tidak tahu cara membangun hubungan langsung dengan atasan dan rekan kerja.

Tak heran jika banyak reseponden survei yang bertanya-tanya apa jalur yang benar untuk awal karir mereka.

Survei tersebut dilakukan oleh Universum untuk mencari tahu pendapat para mahasiswa tentang bekerja dari jarak jauh.

Baca juga: Bisa Cegah Burnout saat WFH, Ini Pentingnya Manajemen Waktu Pribadi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau mayoritas menyukai ide tidak harus bolak-balik ke kantor, lebih dari setengahnya khawatir tidak akan ada "hubungan sosial" dengan rekan kerja dan mereka akan merasa "terisolasi".

Opsi WFH tidak hanya memungkinkan mereka untuk traveling di luar waktu cuti, tetapi juga membuka peluang melamar kerja di kota lain yang mungkin lebih sesuai dengan tujuan karier.

Namun, hampir 56 responden mengaku punya kekhawatiran tidak bisa mengembangkan kemampuan bekerja sama dengan orang lain jika harus WFH.

Pandemi memang membuka banyak kesempatan baru di dunia kerja, termasuk pilihan untuk bekerja dari luar kantor. 

Padahal, dalam studi NextGen PwC dari 2016 menunjukkan 64 persen mahasiswa tingkat akhir ingin bisa WFH, atau setidaknya paruh waktu, namun sulit mencari lowongan kerja yang memberi kesempatan itu. Kebanyakan lowongan adalah bekerja penuh waktu di kantor.

Baca juga: 6 Komentar di Tempat Kerja yang Mengganggu Secara Psikologis

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.