Kompas.com - 11/10/2021, 16:25 WIB
salah satu cara mengatasi asam lambung naik adalah menghindari pemicu, terutama pada individu berisiko mengalami GERD atau asam lambung naik. SHUTTERSTOCK/TARNZAR_SHUTTERsalah satu cara mengatasi asam lambung naik adalah menghindari pemicu, terutama pada individu berisiko mengalami GERD atau asam lambung naik.

KOMPAS.com - Tren menyesap kopi dengan jus lemon sedang viral di platform TikTok. Campuran minuman ini dianggap efektif untuk menurunkan berat badan.

Awalnya, seorang pengguna TikTok bernama Hilda Ama Braso menyarankan untuk menambahkan jus lemon ke dalam secangkir kopi agar tubuh dapat membakar lemak lebih cepat.

Sejumlah ahli membantah klaim yang menyatakan bahwa kopi yang ditambahkan jus lemon bisa membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Namun menurut ahli diet terdaftar Karen Graham, RD, CDE, beberapa orang tertentu bisa melihat perubahan pada tubuh mereka dari kombinasi jus lemon dan kopi.

Baca juga: 5 Khasiat Jeruk Lemon yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

https://www.tiktok.com/@life.of.hilda/video/7009413084083162373?referer_url=https%3A%2F%2Fwww.eatthis.com%2F&referer_video_id=7009413084083162373&refer=embed&is_copy_url=0&is_from_webapp=v1&sender_device=pc&sender_web_id=6978671138835940865


Awalnya, Braso mencoba trik menambahkan jus lemon ke dalam kopi sebagai bagian dari tantangan penurunan berat badan #coffeeandlemondiet yang viral di kalangan pengguna medsos.

Setelah seminggu, dia mengunggah video baru yang menjelaskan dirinya tidak lagi mengikuti metode tersebut karena ia tidak berhasil menurunkan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dilaporkan Newsweek, Marcela Fiuza, ahli diet dan anggota British Dietetic Association (BDA) menanggapi video Braso itu.

"Tidak ada penjelasan fisiologis yang mengatakan campuran kopi dan lemon bisa menurunkan berat badan," katanya.

Baca juga: Kopi, Rahasia Perut Six Pack Lenny Kravitz di Usia 57 Tahun

Graham memberikan tanggapan yang berbeda. Menurutnya campuran kopi dan lemon membuat minuman ini kurang enak. Namun, jus lemon dapat menurunkan indeks glikemik atau kadar gula darah yang diserap ke dalam darah.

Lemon tak hanya menyehatkan tubuh, lemon bisa digunakan membersihkan perabotan rumah dan memgusir bau tak sedap.Unsplash/Julia Peretiatko Lemon tak hanya menyehatkan tubuh, lemon bisa digunakan membersihkan perabotan rumah dan memgusir bau tak sedap.

"Jika kita memasukkan jus lemon ke dalam salad, kopi, ikan, jus lemon memperlambat kecepatan penyerapan karbohidrat dari semua makanan dalam makanan itu. Itu berarti gula darah kita tidak akan naik dengan cepat, jadi itu bagus," catat dia.

Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.