Kompas.com - 11/10/2021, 18:36 WIB
Ilustrasi makanan diet, makanan rendah kalori. Shutterstock/Yury GulakovIlustrasi makanan diet, makanan rendah kalori.

KOMPAS.com - Diet mediterania merupakan pola makan yang menjadi langganan "juara" dalam kategori diet sehat dan direkomendasikan para pakar nutrisi. Jenis makanan utama dalam diet ini adalah sayuran, biji-bijian, dan minyak zaitun.

Diet ini juga tidak memaksa pelakunya untuk menjalani aturan makan yang ketat, dibandingkan dengan jenis diet lain, seperti diet keto atau diet Atkins.

Akan tetapi, studi baru yang dimuat dalam jurnal American Diabetes Association's berjudul Diabetes Care mengungkap terdapat satu pola diet yang lebih efektif ketimbang diet Mediterania.

Diet yang dimaksut adalah personalized postprandial targeting diet atau diet PPT. Diet ini  lebih efektif memperbaiki indeks glikemik pada orang dengan kondisi prediabetes.

Baca juga: 4 Gejala Prediabetes yang Perlu Diwaspadai

Seperti diketahui, prediabetes merupakan kondisi kesehatan yang serius di mana kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya, tetapi belum cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes tipe 2.

Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan rendah kalori agar gula darah kembali normal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenal diet personalized postprandial targeting

Diet mediterania menjadi populer karena mudah dijalani dan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung, kesehatan metabolisme, kesehatan otak, dan kesehatan usus.

Di sisi lain, diet PPT adalah diet yang bergantung pada algoritme pembelajaran mesin yang mengintegrasikan fitur klinis dan mikrobioma untuk memprediksi respons glukosa postprandial individu.

Baca juga: 12 Camilan Sehat dan Lezat untuk yang Sedang Diet

Tidak seperti diet Mediterania, diet PPT tidak dapat dijadikan patokan untuk setiap orang karena diet tersebut dipersonalisasi atau diatur sesuai kebutuhan individu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.