Kompas.com - 11/10/2021, 19:44 WIB

KOMPAS.com - Penyakit sepsis mencuat jadi pembahasan publik pasca pengakuan Chicco Jerikho di media sosial Instagram.

Bintang film Filosofi Kopi mengaku nyaris kehilangan nyawanya akibat penyakit sepsis. Ia dilarikan ke rumah sakit pasca mengalami demam tinggi dan sesak napas sehingga harus dirawat di High Care Unit (HCU).

Pria berusia 37 tahun ini menjalani sejumlah pemeriksaan termasuk PCR, demam berdarah, jantung dan paru-paru. Namun hasilnya belum bisa menunjukkan diagnosa yang jelas soal penyakit yang membuat tubuhnya drop.

Kerja organ tubuhnya juga menurun sehingga ia harus ditopang dengan sejumlah alat bantu kesehatan.

Dalam unggahannya, suami Putri Marino ini menyebutkan detak jantungnya berada di bawah 50 kali per menit dan tekanan darahnya juga amat rendah hingga 60/40.

Baca juga: Sembuh dari Penyakit Misterius, Chicco Jerikho: Kayak Dapat Kesempatan Hidup Kedua

"Setelah dilakukan pengecekkan, dokter mendiagnosis ada infeksi virus (sepsis). itu yang bikin badan gue drop dalam waktu cepat sampe akhirnya harus dibawa ke rumah sakit," tulisnya pada caption foto dirinya yang terbaring di ruang perawatan.

Meski kondisinya sempat kritis, ia akhirnya dinyatakan sembuh. Proses penyembuhannya terbilang kilat karena ia selama ini menjalani hidup sehat dengan termasuk rutin berolahraga dan mengonsumsi multivitamin.

Namun ia mengaku sampai saat ini belum tahu apa yang menjadi penyebab penyakit sepsis yang dialaminya itu.

Apa itu sepsis?

Sepsis sebenarnya bukanlah penyakit melainkan kondisi medis darurat ketika tubuh mengalami komplikasi berbahaya dan mengancam jiwa.

Hal ini dipicu oleh respon tubuh kita terhadap infeksi, parasit, bakteri atau cidera yang dialami.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.