Kompas.com - 11/10/2021, 20:06 WIB
Tas tangan LV VogueTas tangan LV

KOMPAS.com - Beberapa logo pada merek fesyen memang ada yang begitu melambung tinggi dan kemudian menghilang tanpa jejak.

Tetapi, yang lainnya dapat bertahan begitu lama sehingga menjadi bagian dari lanskap mode yang mungkin abadi, seperti yang ada di tas tangan Louis Vuitton (LV).

Pada tahun 1896, pewaris utama LV, Georges Vuitton menghadapi dilema untuk membedakan tas-tas mewah dan mencegah produk jiplakan dari merek ini.

Sampai pada akhirnya Georges pun membuat monogram atau logo LV yang tumpang tindih dengan warna emas kuning kecoklatan di atas sadel coklat.

Untuk membuat monogram yang sangat ikonik ini, dia menambahkan dua elemen, yakni bunga dengan empat kelopak runcing di dalam belah ketupat hitam dan bunga bulat di dalam lingkaran padat.

Baca juga: Tas Bebek Buatan Louis Vuitton x Nigo, Berapa Harganya?

Siapa yang bisa memprediksi bahwa desain ini, yang tersebar di permukaan tas tangan, tas jinjing, dan koper yang tak terhitung jumlahnya bisa langsung menjadi terkenal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak bintang-bintang ternama yang menggemari tas tangan dari LV ini, termasuk Audrey Hepburn, Jackie O, Angelina Jolie, Lauren Bacall, Rihanna, dan bahkan dari generasi yang lebih muda.

Kemudian, pada tahun 1997, Marc Jacobs yang sempat mengambil kendali sebagai direktur kreatif di rumah mode mewah tersebut memperkenalkan vernis, versi paten monogram LV yang diukir di tas tangan.

Ini juga diikuti oleh perubahan yang lebih progresif, di mana Jacobs meminta temannya yang merupakan seorang seniman, Stephen Sprouse, untuk menuliskan kata-kata "Louis" dan "Vuitton" di atas permukaan tas yang sangat menawan.

Baca juga: Kisah di Balik Tas Tangan Lady Dior Favorit Putri Diana

Tas Louis Vuitton model Alma BBVIA HYPEBAE Tas Louis Vuitton model Alma BB

Seiring berkembangnya zaman, muncul beberapa inovasi logo. Misalnya, seniman Jepang, Takashi Murakami membuat ulang monogram dalam warna putih, menampilkan beragam warna LV, dan terkadang menambahkan karakter lucu atau semprotan bunga sakura.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Vogue
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.