Kompas.com - 12/10/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi lansia tetap aktif. Mobilitas atau pergerakan orang lanjut usia (lansia) dapat memengaruhi angka harapan hidup dan kualitas hidupnya. SHUTTERSTOCK/Syda ProductionsIlustrasi lansia tetap aktif. Mobilitas atau pergerakan orang lanjut usia (lansia) dapat memengaruhi angka harapan hidup dan kualitas hidupnya.

KOMPAS.com - Demi menjaga kesehatan fisik dan mental di hari tua, ada satu cara yang dapat dilakukan: berolahraga.

Berbagai penelitian mengungkap manfaat dari berolahraga bagi orang berusia lanjut, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, beberapa jenis kanker, depresi dan demensia.

Namun penelitian menunjukkan hanya satu dari empat orang berusia lanjut yang rajin berolahraga. Sedangkan, hampir setengahnya sama sekali tidak aktif berolahraga.

"Banyak pasien yang saya temui di klinik saya sangat tidak aktif bergerak," kata Dr Ronan Factora, ahli geriatri di Cleveland Clinic.

"Jauh lebih mudah minum pil daripada pergi keluar dan berjalan-jalan. Dan terkadang sulit bagi saya mengajak pasien berdiri dan berjalan-jalan, tidak duduk untuk waktu yang lama."

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin Bagi Orang di Atas 60 Tahun

Aktivitas kardio, entah itu berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang, memberikan efek yang bermanfaat baik secara fisik maupun mental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kardio membantu menurunkan tekanan darah, mengendalikan gula darah dan kolesterol dengan lebih baik, membantu meningkatkan respons tubuh terhadap stres dan membangun daya tahan kita," sebut Factora.

Sebuah studi pada 2016 yang meneliti 1,4 juta orang di AS dan Eropa juga menemukan, orang yang aktif berolahraga berisiko lebih kecil terkena 13 jenis kanker, termasuk kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker usus.

Studi tersebut dilakukan para peneliti di National Cancer Institute, dan dimuat dalam jurnal JAMA Internal Medicine.

Dalam hal kesehatan mental, olahraga dapat mencegah atau mengurangi depresi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.