Kompas.com - 12/10/2021, 06:24 WIB
Ilustrasi suplemen vitamin D, vitamin D2, dan vitamin D3 SHUTTERSTOCK/FestaIlustrasi suplemen vitamin D, vitamin D2, dan vitamin D3

KOMPAS.com - Vitamin D bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh maupun menjaga kekuataan tulang.

Asupan vitamin D juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan seperti kuning telur, keju, ikan salmon, tuna, dan hati sapi.

Selain itu, ada cara yang jauh lebih mudah dan murah untuk mendapatkan vitamin ini, khususnya bagi kita yang tinggal di negara tropis.

Berjemur di bawah sinar matahari di waktu yang tepat memungkinkan tubuh mendapatkan vitamin D dengan memadai.

Baca juga: Pahami, Waktu Terbaik Mengonsumsi Vitamin D

Sayangnya, banyak orang masih sulit memenuhinya sehingga memilih mengkonsumsi suplemen vitamin D. Saat ini memang sudah cukup banyak suplemen vitamin D kemasan yang dijual dengan dosis yang beragam. 

Kebiasaan konsumsi suplemen vitamin D memang bertujuan baik. Namun dosis yang terlalu tinggi tidak dianjurkan karena dapat memicu efek samping yang kurang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vitamin D adalah jenis yang larut dalam lemak sehingga dosis yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan. Jumlah yang terlalu tinggi ini bisa mencapai level yang berbahaya sehingga malah menjadi racun dalam tubuh.

Manfaat madu untuk wajah mungkin juga termasuk membantu mengobati kulit terbakar karena sinar matahariFREEPIK/COOKIE_STUDIO Manfaat madu untuk wajah mungkin juga termasuk membantu mengobati kulit terbakar karena sinar matahari

Tidak boleh lebih dari 4.000 IU/hari

Orang dewasa dianjurkan membatasi konsumsi suplemen vitamin D dengan dosis maksimal 4.000 IU/hari.

Selain itu, orang yang terbiasa mengkonsumsi suplemen vitamin D secara rutin juga disarankan memeriksakan kadar secara berkala.

Rajsree Nambudripad, MD, spesialis pengobatan integratif di Pusat Medis Providence St. Jude, California, Amerika Serikat menyebutkan durasi yang ideal adalah tiga sampai enam bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.