Kompas.com - 12/10/2021, 09:08 WIB
Makanan yang mengandung asam folat penting untuk dikonsumsi agar tubuh mendapatkan asupan yang cukup. FREEPIK/GPOINTSTUDIOMakanan yang mengandung asam folat penting untuk dikonsumsi agar tubuh mendapatkan asupan yang cukup.

KOMPAS.com - Makanan yang mengandung asam folat penting untuk dikonsumsi agar tubuh mendapatkan asupan yang cukup.

Mendapatkan asupan asam folat sesuai kebutuhan harian bermanfaat untuk sejumlah kondisi, seperti kehamilan yang sehat, membantu mengurangi risiko kanker, dan menjaga kesehatan otak.

Rekomendasi asupan asam folat adalah 400 mcg untuk pria dan wanita, sementara wanita hamil dan menyusui masing-masing adalah 600 dan 500 mcg, seperti dikutip dari Harvard TH Chan School of Public Health.

Namun, orang yang secara teratur minum alkohol harus menargetkan setidaknya 600 mcg asaam folat per hari karena alkohol dapat mengganggu penyerapannya.

Baca juga: Anemia Saat Hamil, Apakah Benar Bisa Menyebabkan Anak Lahir Prematur?

Tanda tubuh kekurangan asam folat

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat penting untuk mengcegah kekurangan asam folat (defisiensi).UNSPLASH/VLADISLAV MUSLAKOV Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat penting untuk mengcegah kekurangan asam folat (defisiensi).
Kekurangan asam folat (defisiensi) dapat menyebabkan anemia megaloblastik. Ini adalah suatu kondisi yang timbul akibat kekurangan folat dari makanan atau penyerapan yang buruk, sehingga tubuh menghasilkan lebih sedikit sel darah merah dan ukurannya lebih besar dari ukuran normal.

Menurut WebMD dan Harvard TH Chan School of Public Health, gejala kekurangan folat antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kelelahan
  • Lemak
  • Sulit berkonsentrasi
  • Palpitasi jantung
  • Sesak napas
  • Perubahan pada rambut, kuku, dan kulit

Kekurangan asam folat sebetulnya jarang terjadi karena bisa didapatkan dari berbagai makanan.

Namun, beberapa kondisi berikut bisa meningkatkan risiko kekurangan asam folat, seperti peminum alkohol, ibu hamil, operasi usus atau gangguan pencernaan, dan faktor genetik.

Baca juga: Asam Folat untuk Ibu Hamil: Manfaat, Kebutuhan, Sumber Makanan

Makanan yang mengandung asam folat

Ada banyak makanan yang mengandung asam folat dan bisa kita konsumsi sehari-hari.

Beberapa makanan yang mengandung asam folat terutama sayuran berdaun hijau, gelap yang membantu kita mendapatkan semua vitamin B9 yang dibutuhkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.