Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas Kondom Tanpa Persetujuan Pasangan Kini Ilegal di California

Kompas.com - 12/10/2021, 13:31 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Regulasi terbaru di California, Amerika Serikat melarang seseorang melepas kondom tanpa persetujuan verbal dari pasangan ketika berhubungan seksual.

Gubernur California, Gavin Newsom telah menandatangani hukum perdata tersebut dan perdana menerapkannya di AS.

Melepaskan kondom tanpa consent, atau dikenal pula dengan istilah stealthing, dianggap sebagai kekerasan seksual berdasarkan regulasi ini.

Aturan ini akan melindungi para perempuan dari kehamilan yang tidak dikehendaki dari pasangannya, termasuk pekerja seks, penyintas kekerasan seksual dan kelompok rentan lainnya.

Cristina Garcia, anggota majelis California mengatakan praktik stealthing kerap menyebabkan kerugian fisik dan emosional jangka panjang bagi para korbannya. Praktik ini umumnya dialami oleh wanita dan pria penyuka sesama jenis.

Baca juga: Salah Pakai Kondom Bisa Sebabkan Kehamilan, Ini 5 Tandanya

"Kami ingin memastikan bahwa itu tidak hanya tidak bermoral, tetapi juga ilegal," ujarnya yang merupakan inisiator undang-undang tersebut.

Korban dapat menuntut ganti rugi dari orang yang melanggar namun tidak bisa mengajukan tuntutan pidana. Namun hukum perdata memberikan keuntungan karena beban pembuktiannya lebih rendah dan korban bisa mengajukan tuntutan tanpa persetujuan jaksa.

Garcia berpendapat aturan jelas soal stealthing akan menghilangkan ambiguitas yang selama ini kerap menyulitkan para penyintas mendapatan keadilan atas kasusnya. Kebanyakan kasus sulit diproses karena kesalahan terjadi setelah kedua pihak menyetujui interaksi seksual yang terjadi.

Selama ini, praktik melepaskan kondom secara diam-diam banyak terjadi di masyarakat AS. Tindakan ini berisiko menyebabkan kehamilan dan Penyakit Menular Seksual (PMS) yang cenderung merugikan pihak perempuan.

Makalah tahun 2019 yang diterbitkan di National Library of Medicine menyebutkan, sebanyak 12 persen wanita berusia 21-30 tahun pernah menjadi korban stealthing.

Penelitian tahun yang sama di  Monash University, Australia menemukan satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria gay telah menjadi sasaran praktik tersebut. Sedangkan riset lainnya menyatakan, hampir 10 persen pria mengaku melepaskan kondom saat berhubungan seks tanpa persetujuan.

Selain itu, banyak beredar informasi di media sosial yang mengajarkan pria untuk melepaskan kondomnya diam-diam tanpa disadari pasangannya. Hal ini berakar dari anggapan penggunaan kondom yang tidak nyaman dan salah persepsi bahwa kontrasepsi adalah bukan urusan pria.

Baca juga: Pentingnya Kontrasepsi Pria untuk Cegah Kehamilan Tidak Diinginkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com