Kompas.com - 12/10/2021, 15:24 WIB
Selangkangan gatal mungkin terdengar seperti masalah yang memalukan dan sulit untuk diceritakan pada orang lain, termasuk dokter sekalipun. FREEPIK/8PHOTOSelangkangan gatal mungkin terdengar seperti masalah yang memalukan dan sulit untuk diceritakan pada orang lain, termasuk dokter sekalipun.

 KOMPAS.com - Selangkangan gatal mungkin terdengar seperti masalah yang memalukan dan sulit untuk diceritakan pada orang lain, termasuk dokter sekalipun.

Namun, sebetulnya tak perlu malu dengan masalah selangkangan gatal karena ini adalah masalah yang cukup umum terjadi. Kondisi ini juga tak selalu mengindikasikan Penyakit Menular Seksual (STI).

Memahami penyebab selangkangan gatal yang dialami dapat membantu Anda menemukan solusinya.

Penyebab selangkangan gatal

Beberapa kemungkinan penyebab selangkangan gatal selain STI, antara lain:

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur di selangkangan atau jock itch adalah salah satu penyebab selangkangan gatal yang umum terjadi dan dapat diobati.FREEPIK/BENZOIX Infeksi jamur di selangkangan atau jock itch adalah salah satu penyebab selangkangan gatal yang umum terjadi dan dapat diobati.
Menurut American Academy of Dermatology Association, infeksi jamur di selangkangan atau jock itch adalah salah satu penyebab selangkangan gatal yang umum terjadi dan dapat diobati.

Penyebab selangkangan gatal yang satu ini terjadi akibat jamur tumbuh subur di kulit yang hangat dan lembap. Apalagi jika area tersebut ditutupi dengan pakaian ketat.

Beberapa tanda selangkangan gatal karena infeksi jamur adalah ruam merah, bersisik, dan sangat gatal yang dapat berkembang pada alat kelamin, paha dalam, bokong, dan lipatan bokong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengatasinya: menjaga area tersebut tetap kering bisa membantu mengatasi selangkangan gatal karena infeksi jamur. Selain itu, bisa juga dengan mengaplikasikan produk untuk mengobati selangkangan gatal yang dijul di pasaran.

Jika cara-cara tersebut belum menghilangkan masalah selangkangan gatal, cobalh berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Gatal di Vagina Tak Cuma Infeksi Jamur, Kenali Pemicunya

2. Infeksi ragi

Infeksi ragi bisa disebabkan karena masalah vagina gatal. Mengenakan pakaian sintetis yang ketat adalah penyebab umum selangkangan gatal karena masalah ini.SHUTTERSTOCK Infeksi ragi bisa disebabkan karena masalah vagina gatal. Mengenakan pakaian sintetis yang ketat adalah penyebab umum selangkangan gatal karena masalah ini.
Infeksi ini bisa disebabkan karena masalah vagina gatal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.