Kompas.com - 12/10/2021, 16:55 WIB
Ilustrasi anak makan sayur SHUTTERSTOCK/McimageIlustrasi anak makan sayur

KOMPAS.com – Dua tahun pertama kehidupan anak merupakan masa emas pertumbuhan, termasuk perkembangan otak mereka.

Untuk diketahui, 80 persen perkembangan otak terjadi selama periode ini. Selanjutnya, otak akan terus berkembang pesat hingga mencapai usia 5 tahun, meski tidak secepat masa dua tahun pertama.

Mempertimbangkan hal tersebut, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi anak pada dua tahun pertama. Pasalnya, bila anak sampai kekurangan gizi pada periode emas, dapat berdampak negatif pada anak seumur hidupnya. Salah satu dampak negatif tersebut adalah stunting.

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan nutrisi anak pada peride tersebut agar tumbuh kembangnya optimal sekaligus untuk menghindarkan anak dari risiko stunting.

Lalu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan anak pada periode emas pertumbuhannya? Berikut sembilan nutrisi yang harus sobat Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) ketahui.

Protein

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Protein merupakan nutrisi yang harus diberikan kepada anak, termasuk protein hewani saat pengenalan makanan pendamping ASI (MPASI). Pasalnya, protein hewani berperan penting dalam mencegah stunting.

Baca juga: Mudah Diterapkan, Ini Cara Menyusun Jadwal Makan Anak 2 Tahun

Terdapat berbagai sumber protein hewani yang bisa diolah untuk MPASI, seperti telur, daging sapi, ikan, serta daging ayam.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Dengan energi yang cukup, anak dapat bergerak aktif untuk mempelajari hal baru. Adapun makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah beras merah, buah pisang, atau roti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.