Kompas.com - 12/10/2021, 19:20 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang mencari cara memutihkan selangkangan karena merasakan kulit di area tersebut hitam atau menggelap.

Selangkangan hitam bukanlah masalah kesehatan, tapi bagi sebagian orang menimbulkan ketidaknyamanan dan memengaruhi kepercayaan diri.

Masalah selangkangan hitam bisa dialami oleh siapa saja, apa pun warna kulitnya.

Kondisi itu terjadi ketika kulit di paha bagian dalam menghasilkan banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit atau disebut hiperpigmentasi.

Baca juga: 10 Penyebab Selangkangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Penyebab selangkangan hitam

Sebelum mencari tahu cara memutihkan selangkangan, ketahui dulu beberapa penyebab seseorang mengalami masalah selangkangan hitam. Salah satunya adalah gesekan saat berjalan.SHUTTERSTOCK Sebelum mencari tahu cara memutihkan selangkangan, ketahui dulu beberapa penyebab seseorang mengalami masalah selangkangan hitam. Salah satunya adalah gesekan saat berjalan.
Sebelum mencari tahu cara memutihkan selangkangan, ketahui dulu beberapa penyebab seseorang mengalami masalah selangkangan hitam. Beberapa di antaranya:

  • Gesekan yang terjadi saat berolahraga atau berjalan, dan dapat menyebabkan kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna.
  • Ketidakseimbangan hormon, terutama terjadi pada wanita selama menyusui, kehamilan, atau menstruasi, atau memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi tertentu.
  • Paparan sinar matahari.
  • Kulit kering.
  • Gesekan pakaian.
  • Acanthosis nigricans, kelainan pigmentasi kulit.
  • Diabetes melitus.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Paha Secara Alami, Tanpa Diet

Cara memutihkan selangkangan dengan alami

Ketika mencari cara memutihkan selangkangan, cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kulit. Termasuk untuk mengevaluasi penyebabnya.

Jika tidak mendapatkan diagnosis dan perawatan yang akurat, selangkangan gelap bisa saja bertahan atau hilang, tapi kembali lagi.

Beberapa cara memutihkan selangkangan adalah menggunakan pengobatan rumahan, obat-obatan, krim dijual bebas, dan melakukan perawatan medis.

Berikut beberapa cara memutihkan selangkangan dengan alami yang dapat dicoba untuk menyamarkan atau menghilangkan selangkangan hitam:

1. Lidah buaya

Salah satu cara memutihkan selangkangan yang dapat dicoba adalah menggunakan gel lidah buaya.SHUTTERSTOCK/SOMMAI Salah satu cara memutihkan selangkangan yang dapat dicoba adalah menggunakan gel lidah buaya.
Salah satu cara memutihkan selangkangan yang dapat dicoba adalah menggunakan gel lidah buaya. Menurut Medical News Today, banyak orang mengoleskan gel lidah buaya untuk menenangkan area paha bagian dalam yang lecet akibat gesekan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.