Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2021, 19:20 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Banyak orang mencari cara memutihkan selangkangan karena merasakan kulit di area tersebut hitam atau menggelap.

Selangkangan hitam bukanlah masalah kesehatan, tapi bagi sebagian orang menimbulkan ketidaknyamanan dan memengaruhi kepercayaan diri.

Masalah selangkangan hitam bisa dialami oleh siapa saja, apa pun warna kulitnya.

Kondisi itu terjadi ketika kulit di paha bagian dalam menghasilkan banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit atau disebut hiperpigmentasi.

Baca juga: 10 Penyebab Selangkangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Penyebab selangkangan hitam

Sebelum mencari tahu cara memutihkan selangkangan, ketahui dulu beberapa penyebab seseorang mengalami masalah selangkangan hitam. Salah satunya adalah gesekan saat berjalan.SHUTTERSTOCK Sebelum mencari tahu cara memutihkan selangkangan, ketahui dulu beberapa penyebab seseorang mengalami masalah selangkangan hitam. Salah satunya adalah gesekan saat berjalan.
Sebelum mencari tahu cara memutihkan selangkangan, ketahui dulu beberapa penyebab seseorang mengalami masalah selangkangan hitam. Beberapa di antaranya:

  • Gesekan yang terjadi saat berolahraga atau berjalan, dan dapat menyebabkan kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna.
  • Ketidakseimbangan hormon, terutama terjadi pada wanita selama menyusui, kehamilan, atau menstruasi, atau memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi tertentu.
  • Paparan sinar matahari.
  • Kulit kering.
  • Gesekan pakaian.
  • Acanthosis nigricans, kelainan pigmentasi kulit.
  • Diabetes melitus.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Paha Secara Alami, Tanpa Diet

Cara memutihkan selangkangan dengan alami

Ketika mencari cara memutihkan selangkangan, cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kulit. Termasuk untuk mengevaluasi penyebabnya.

Jika tidak mendapatkan diagnosis dan perawatan yang akurat, selangkangan gelap bisa saja bertahan atau hilang, tapi kembali lagi.

Beberapa cara memutihkan selangkangan adalah menggunakan pengobatan rumahan, obat-obatan, krim dijual bebas, dan melakukan perawatan medis.

Berikut beberapa cara memutihkan selangkangan dengan alami yang dapat dicoba untuk menyamarkan atau menghilangkan selangkangan hitam:

1. Lidah buaya

Salah satu cara memutihkan selangkangan yang dapat dicoba adalah menggunakan gel lidah buaya.SHUTTERSTOCK/SOMMAI Salah satu cara memutihkan selangkangan yang dapat dicoba adalah menggunakan gel lidah buaya.
Salah satu cara memutihkan selangkangan yang dapat dicoba adalah menggunakan gel lidah buaya. Menurut Medical News Today, banyak orang mengoleskan gel lidah buaya untuk menenangkan area paha bagian dalam yang lecet akibat gesekan.

Penelitian di area ini sangatlah terbatas. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa lidah buaya mungkin juga bisa menyamarkan selangkangan hitam.

Untuk menggunakannya, oleskan krim atau gel lidah buaya secara langsung ke area kulit terdampak. Setelah penggunaan, tidak perlu dilakukan pembilasan.

Baca juga: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

2. Kentang

Ada banyak orang yang meyakini bahwa mengoleskan irisan kentang ke kulit dapat membantu sebagai cara memutihkan selangkangan hitam.UNSPLASH/JESHOOTS.COM Ada banyak orang yang meyakini bahwa mengoleskan irisan kentang ke kulit dapat membantu sebagai cara memutihkan selangkangan hitam.
Ada banyak orang yang meyakini bahwa mengoleskan irisan kentang ke kulit dapat membantu sebagai cara memutihkan selangkangan hitam.

Meski begitu, penelitian ilmiah yang mendukung anggapan ini sebetulnya masih terbatas.

Dalam sebuah penelitian lama dari tahun 1991, para peneliti menemukan bahwa enzim cathepsin yang terkandung dalam kentang dapat membantu menyembuhkan kulit tikus yang terluka ketika tim peneliti mengaplikasikannya secara eksternal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com