Kompas.com - 12/10/2021, 21:08 WIB
Ada sejumlah risiko kesehatan yang mungkin dialami sejumlah orang akibat sering begadang, termasuk lebih rentan mengalami masalah kesehatan mental dan obesitas. FREEPIK/RAWPIXEL.COMAda sejumlah risiko kesehatan yang mungkin dialami sejumlah orang akibat sering begadang, termasuk lebih rentan mengalami masalah kesehatan mental dan obesitas.

KOMPAS.com - Ada sejumlah risiko kesehatan yang mungkin dialami sejumlah orang akibat sering begadang.

Beberapa di antaranya termasuk tekanan darah yang lebih tinggi, produktivitas rendah di keesokan harinya karena kurang tidur. kelebihan berat badan, dan suasana hati buruk.

Istilah "night owl" ditujukan bagi mereka yang terbiasa begadang. Para night owl biasanya bangun hingga larut malam dan cenderung bangun lebih siang daripada orang-orang lain.

Jam bangun dan tidur seseorang didasarkan pada ritme sirkadian atau jam biologis internal. Bagi orang yang sering begadang, jam biologis mereka diawali di jam yang agak lebih siang daripada orang-orang yang selalu bangun pagi dan mereka tidur lebih larut.

Baca juga: Manfaat Tidur Sebelum Tengah Malam

Risiko kesehatan akibat sering begadang

Menurut laman Health, berikut sejumlah risiko kesehatan yang mungkin mengancam akibat sering begadang:

1. Memiliki tekanan darah lebih tinggi

Salah satu akibat sering begadang adalah memiliki tekanan darah yang lebih tinggi.PEXELS/THIRDMAN Salah satu akibat sering begadang adalah memiliki tekanan darah yang lebih tinggi.
Dalam sebuah studi tahun 2013 di jurnal Chronobiology International, para peneliti menemukan bahwa salah satu akibat sering begadang adalah memiliki tekanan darah yang lebih tinggi, bahkan setelah para peneliti mengontrol jumlah tidur total dan kualitas tidur peserta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asisten profesor kedokteran, paru-paru, perawatan kritis, dan obat tidur dari Icahn School of Medicine dan Mount Sinai Health System, Andrew Varga, MD mengatakan, pola gaya hidup seperti makan yang tidak sehat, kurang tidur, dan kurang olahraga dapat berkontribusi pada risiko hipertensi yang lebih tinggi.

Selain itu, stres fisik maupun psikologis juga berkontribusi terhadap tekanan darah seseorang.

Baca juga: 10 Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Tekanan Darah

2. Rentan mengalami kenaikan berat badan

Risiko kesehatan akibat sering begadang lainnya adalah lebih rentan mengalami kenaikan berat badan.FREEPIK/JCOMP Risiko kesehatan akibat sering begadang lainnya adalah lebih rentan mengalami kenaikan berat badan.
Risiko kesehatan akibat sering begadang lainnya adalah lebih rentan mengalami kenaikan berat badan.

Ketika begadang, kebanyakan orang akan makan larut malam dan itu dapat mengganggu cara tubuh melakukan metabolisme makanan, yang pada akhirnya berdampak buruk terhadap pembakaran lemak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.