Kompas.com - 13/10/2021, 08:53 WIB
No Bra Day atau Hari Tanpa Bra Sedunia diperingati setiap 13 Oktober untuk mengajak perempuan melakukan pemeriksaan demi mencegah kanker payudara. PEXELS/CASTORLY STOCKSNo Bra Day atau Hari Tanpa Bra Sedunia diperingati setiap 13 Oktober untuk mengajak perempuan melakukan pemeriksaan demi mencegah kanker payudara.

KOMPAS.com - No Bra Day atau Hari Tanpa Bra diperingati pada 13 Oktober, setiap tahunnya.

Hari Tanpa Bra jatuh di tengah Oktober, bulan yang diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara.

Ini adalah bulan yang tepat bagi semua orang, khususnya perempuan, untuk lebih memahami tentang penyakit kanker payudara, termasuk memahami tanda-tanda dan cara mencegahnya.

Fakta Hari Tanpa Bra

Berikut sejumlah fakta tentang Hari Tanpa Bra yang perlu kita ketahui:

1. Hari Tanpa Bra dimulai sejak 2011

Tujuan Hari Tanpa Bra adalah untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perempuan untuk melakukan pemeriksaan diri, skrining, dan memastikan mereka mengetahui tanda-tanda kanker payudara untuk mencegahnya.PEXELS/ANTONIUS FERETT Tujuan Hari Tanpa Bra adalah untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perempuan untuk melakukan pemeriksaan diri, skrining, dan memastikan mereka mengetahui tanda-tanda kanker payudara untuk mencegahnya.
Hari Tanpa Bra dimulai sejak 2011 dan sebagian besar digaungkan melalui media sosial, di mana sejumlah perempuan menggunakan tagar #nobraday untuk mengampanyekannya.

Tujuan Hari Tanpa Bra adalah untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perempuan untuk melakukan pemeriksaan diri, skrining, dan memastikan mereka mengetahui tanda-tanda kanker payudara untuk mencegahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hari Tanpa Bra awalnya jatuh pada dua tanggal, yakni 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011.

Tanggal yang kedua didirikan di Toronto, Kanada dan mulanya diberi judul "Hari BRA (Rekonstruksi Payudara — Acara Belajar dan Berbagi)" oleh Dr Mithcell Brown, yang bertujuan mendorong perempuan untuk melakukan pemeriksaan dini.

Pada Juli di tahun yang sama, seseorang dengan nama samaran Anastasia Donuts menyusun Hari Tanpa Bra Nasional, untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara, bersama dengan sebuah situs untuk mengampanyekannya.

Tiga tahun kemudian, dua hari itu digabungkan dan diperingati pada 13 Oktober di Bulan Peduli Kanker Payudara.

Baca juga: Bulan Peduli Kanker Payudara, Victorias Secret Rilis Bra Mastektomi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.