Kompas.com - 13/10/2021, 12:56 WIB
Ilustrasi memakai masker kopi shutterstockIlustrasi memakai masker kopi

KOMPAS.com - Kita pasti pernah mengoleskan masker dan membiarkannya selama 30 menit. Lalu menggosoknya dengan keras memakai sabun dan air selama 20 menit untuk menghilangkan masker yang mengeras.

Itu hanyalah salah satu dari beberapa kesalahan yang mungkin kita lakukan saat mengaplikasikan masker di wajah.

Jika kita tidak melihat hasilnya seperti wajah yang bersinar setelah memakai masker, mungkin sudah waktunya untuk mencari tahu kesalahan yang tanpa disadari telah kita lakukan.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, para ahli pun membagikan empat kesalahan dalam mengaplikasikan masker di wajah yang paling sering dilakukan oleh orang-orang, seperti yang dilansir dari laman Real Simple berikut ini.

Baca juga: Jangan Kaget, Masker Wajah ini Bisa Dimakan

1. Membiarkan masker menempel terlalu lama

Waktu pengaplikasian masker yang disarankan biasanya antara 10-30 menit. Petunjuk ini juga ditulis daam kemasan. Tetapi, kita juga sering kali lupa dan membiarkan masker menempel lebih lama di wajah kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun relatif aman untuk membiarkan sheet mask menghidrasi terlalu lama, namun ini sebenarnya dapat menyebabkan efek pembalikan, di mana sheet mask justru menyerap kembali kelembaban dari kulit.

Di sisi lain, masker pembersih atau masker eksfoliasi dapat memiliki efek yang lebih negatif.

"Masker pembersih mungkin memiliki surfaktan yang menghilangkan minyak dari kulit dan penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan dermatitis iritan, di mana kulit menjadi merah dan terbakar," kata  dokter spesialis kulit bersertifikat di New York City, Dr Dan Belkin, MD.

"Sementara itu, masker pengelupasan akan menggunakan bahan aktif seperti asam glikolat, yang dapat terus menjadi lebih dalam saat menempel di kulit, yang mengarah ke respons pengelupasan," sambung dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.