Kompas.com - 14/10/2021, 08:20 WIB
VanMoof V VanMoof V
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Alat transportasi utama manusia saat ini memang mobil dan sepeda motor. Namun, bagaimana jika di masa depan sepeda akan menggantikannya?

Pernyataan “sepeda sebagai pengganti mobil” itu diutarakan oleh perusahaan spesialis e-bike (sepeda listrik) populer di kalangan selebritas asal Amsterdam, VanMoof.

Brand tersebut baru saja mengumumkan rencana untuk membuat hyperbike pertamanya yang bisa melaju dengan kecepatan 50 km per jam, yang akan dinamai VanMoof V.

“Kami meyakini bahwa tipe e-bike baru berkecepatan tinggi ini dapat menjadi alat transportasi umum untuk perjalanan dalam kota dan dapat menggantikan mobil dan skuter pada 2025 mendatang,” ujar co-founder dan CEO dari VanMoof CEO Ties Carlier.

Menurutnya, VanMoof V didedikasikan agar dapat menempuh jarak yang lebih jauh dan melaju lebih cepat dari sepeda biasa.

“Kami tak membuat sepeda ini berdasarkan apa yang ada dalam kategori saat ini, tetapi apa yang menurut kami akan ada dalam kategori di masa depan," ujar Carlier.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa E-Bike Makin Populer sebagai Pilihan Bersepeda?

 

VanMoof V VanMoof V
Dengan jutaan orang menggunakan sepeda, kota-kota mulai memberikan lebih banyak ruang untuk pesepeda. Dan seiring dengan peningkatan infrastruktur dan regulasi, e-bike berpotensi menjadi alternatif mobil di kota. Lebih cepat dan lebih bersih,” lanjutnya.

VanMoof V menampilkan sejumlah perbedaan desain dibandingkan seri S dan X yang sudah ada. Misalnya, ban yang lebih tebal, suspensi depan dan belakang, serta rangka yang dibuat untuk menjamin kenyamanan pada kecepatan tinggi di jarak yang lebih jauh. Seluruhnya dirancang agar sepeda ini lebih tangguh untuk dipakai berkendara.

Namun, terlepas dari perbedaan tersebut, seri V masih mirip dengan e-bike lain dan pendahulunya yang bertenaga pedal.

Menurut Carlier, hal itu disebabkan hyperbike pertama dari VanMoof ini tetap dirancang untuk memiliki semua manfaat dari mengendarai sepeda, tetapi dengan kekuatan lebih besar dan kecepatan lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.