Kompas.com - 14/10/2021, 09:35 WIB
Manfaat buah apel sangatlah berlimpah, termasuk membantu melancarkan pencernaan dan ramah bagi penderita diabetes. UNSPLASH/AARON BLANCO TEJEDORManfaat buah apel sangatlah berlimpah, termasuk membantu melancarkan pencernaan dan ramah bagi penderita diabetes.

KOMPAS.com - Manfaat buah apel sangatlah berlimpah, termasuk membantu menyehatkan pencernaan dan ramah bagi penderita diabetes.

Apel adalah salah satu buah paling populer dan sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Teksturnya yang renyah membuat apel menjadi camilan yang lezat dan bernutrisi.

Ada beberapa jenis apel yang bisa ditemukan di sekitar kita, seperti apel New Zealand, apel Fuji, dan apel Malang.

Meski kandungan nutrisi setiap jenis apel bisa sedikit berbeda, namun mengonsumsinya sehari-hari sangat baik sebagai bagian dari diet sehat.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Melon yang Sayang Dilewatkan

Fakta nutrisi apel

Kandungan nutrisi setiap jenis apel bisa sedikit berbeda, namun mengonsumsinya sehari-hari tetap memungkinkan kita mendapatkan manfaat buah apel.PEXELS/ENGIN AKYURT Kandungan nutrisi setiap jenis apel bisa sedikit berbeda, namun mengonsumsinya sehari-hari tetap memungkinkan kita mendapatkan manfaat buah apel.
Seperti dikutip Healthline dari data Departemen Pertanian AS (USDA), kandungan nutrisi satu buah apel ukuran sedang dengan berat 182 gram mengandung nutrisi antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • 95 kalori
  • Karbohidrat: 25 gram
  • Serat: 4 gram
  • Vitamin C: 14 persen rekomendasi asupan harian
  • Potasium: 6 persen rekomendasi asupan harian
  • Vitamin K: 5 persen rekomendasi asupan harian

Porsi yang sama juga menyediakan 2-4 persen rekomendasi asupan harian mangan, tembaga, serta vitamin A, E, B1, B2, dan B6.

Apel juga merupakan sumber polifenol meskipun tidak dicantumkan pada label nutrisi.

Untuk mendapatkan manfaat buah apel yang maksimal, jangan kupas kulitnya ketika memakannya. Sebab, kulit buah apel mengandung setengah dari serat dan mengandung banyak polifenol.

Namun, cuci apel dengan baik sebelum mengonsumsinya jika khawatir tentang pestisida.

Baca juga: Makan 1 Apel Sehari Efektif Kurangi Frekuensi ke Dokter, Benarkah?

Manfaat buah apel

Berikut sejumlah manfaat buah apel yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya sebagai bagian dari diet sehat sehari-hari:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.