Kompas.com - 14/10/2021, 10:52 WIB
Ilustrasi pria menarik shutterstockIlustrasi pria menarik
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kesan pertama ternyata sangat berpengaruh dalam berbagai situasi sosial, mulai dari urusan bisnis, pertemanan, bahkan kencan sekalipun.

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Princeton, orang hanya membutuhkan sepersekian detik untuk mengambil keputusan tentang sesuatu, terutama ketika menyangkut wajah.

Peneliti utama, Alexander Todorov, menemukan bahwa kita secara tidak sadar menggunakan penampilan wajah seseorang untuk menilai karakter mereka.

Namun selain wajah, karakter juga dinilai dari keseluruhan tampilan, seperti gaya, perilaku, cara berbicara, hingga kebersihan seseorang.

Nah, melansir Apetogentleman, berikut adalah tips untuk membuat kesan pertama yang baik pada orang lain.

1. Senyum

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senyum adalah cara paling sederhana untuk terhubung dengan seseorang. Senyum yang ramah menyampaikan kehangatan dan antusiasme, serta membantu memberi tahu orang lain bahwa kita menyenangkan dan dapat dipercaya.

Senyum juga merupakan cara mudah untuk membangun hubungan selama ngobrol,  wawancara, kencan, dan hampir semua kesempatan lainnya. 

Ingatlah bahwa tersenyum melibatkan lebih dari sekadar mulut. Kita juga harus melakukan kontak mata. Tindakan ini memancarkan kepercayaan diri dan keterbukaan.

Pada dasarnya, kita suka bertemen dengan seseorang yang dapat kita percayai, seseorang yang terbuka, dan seseorang yang mengenal diri mereka sendiri.

Baca juga: Sudah Tersenyum Hari Ini? Ketahui 9 Manfaat Senyum agar Lebih Bahagia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.