Kompas.com - 14/10/2021, 12:04 WIB
Lemak jenuh adalah salah satu tipe lemak dalam makanan yang kita konsumsi. Ini adalah jenis lemak yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. SHUTTERSTOCK/MARIAN WEYOLemak jenuh adalah salah satu tipe lemak dalam makanan yang kita konsumsi. Ini adalah jenis lemak yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah.

KOMPAS.com - Lemak jenuh adalah salah satu tipe lemak dalam makanan yang kita konsumsi. Ini adalah jenis lemak yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah.

Ada sejumlah makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging, mentega, serta produk susu dan makanan yang buat dengan produk tersebut, seperti kue dan biskuit.

Lemak jenuh juga ditemukan di beberapa makanan nabati, termasuk minyak kelapa dan minyak sawit.

Heart UK menjelaskan, mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan menggantinya dengan sumber makanan tinggi lemak tak jenuh dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol.

Baca juga: 12 Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi tapi Baik bagi Kesehatan

Bahaya kesehatan makanan yang mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh berkaitan dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan penyumbatan di jantung dan bagian tubuh lainnya.SHUTTERSTOCK/NELZAJAMAL Lemak jenuh berkaitan dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan penyumbatan di jantung dan bagian tubuh lainnya.
Menurut WebMD, lemak jenuh berkaitan dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan penyumbatan di jantung dan bagian tubuh lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kolesterol LDL juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Rekomendasi American Heart Association, dalam asupan harian 2000 kalori, sebaiknya makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi tak lebih dari 120 kalori.

Sebagai alternatif, pria dan wanita dewasa dianjurkan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi lebih dari 30 gram dan 20 gram setiap hari.

Baca juga: 10 Kunci Kurangi Kadar Kolesterol Jahat Tanpa Obat-obatan

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi

Beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan konsumsinya sebaiknya dibatasi antara lain:

1. Daging merah

Daging merah, seperti daging sapi, kambing, dan babi termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.SHUTTERSTOCK/VIS FINE ART Daging merah, seperti daging sapi, kambing, dan babi termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.
Daging merah, seperti daging sapi, kambing, dan babi termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.