Kompas.com - 14/10/2021, 15:34 WIB
Ilustrasi teh susu SHUTTERSTOCKIlustrasi teh susu

KOMPAS.com – Orang Inggris memang dikenal dengan kebiasaan minum teh di sore hari alias afternoon tea. Di waktu khusus minum teh tersebut biasanya orang-orang Inggris akan mencampurkan teh dengan susu.

Namun, apa alasannya? Apakah rasa atau karena alasan kesehatan? Ternyata, bukan keduanya.

Melansir Reader’s Digest, rupanya kebiasaan mencampurkan teh dengan susu itu telah ada sejak abad 18 silam, saat teh masih diseduh dalam pot. Saat itu, teh dianggap barang mewah, dan orang-orang Inggris biasa meminumnya dari cangkir porselen.

Sayangnya, tak semua orang mampu mendapatkan cangkir porselen tulang yang mahal dan mewah. Belum lagi, cangkir yang tersedia akan retak karena panasnya teh yang mendidih.

Karena itu, orang Inggris akan menuangkan susu terlebih dahulu ke dalam cangkir, lalu masukkan teh.

Susu yang dingin akan membuat teh tidak terlalu panas dan mencegah cangkir retak atau pecah. Tak hanya itu, susu pun akan mengurangi rasa pahit teh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pahami, 12 Efek dari Kebiasaan Minum Teh

Menurut beberapa sumber, teh juga merupakan barang mewah dan berharga, membuat banyak keluarga yang tak mampu mendapatkan teh dalam jumlah banyak, akan menambahkan lebih banyak susu dan sedikit teh, sementara keluarga kaya cenderung melakukan yang sebaliknya.

Apakah ada cara tertentu untuk mencampurkan teh dan susu?

Jawabannya, tidak ada.

Kita bisa memasukkan susu semau kita, tak peduli sedikit ataupun banyak, meski menambahkan susu terlebih dahulu sebelum menuangkan teh akan membuatnya terasa lebih enak.

Hal ini disebabkan karena saat menambahkan teh panas ke susu dingin, kita membawa susu itu “masuk” ke suhu teh, mendistribusikan rasa lebih merata. Namun, jika kita menambahkan susu ke dalam teh, kita akan mendinginkan teh, dan rasanya mungkin tidak akan enak.

Baca juga: Ketahui, Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Minum Teh Hijau

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.