Kompas.com - 14/10/2021, 17:01 WIB
Catatan yang digunakan Gene Cernan dalam misi ke Bulan Catatan yang digunakan Gene Cernan dalam misi ke Bulan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Sebuah catatan yang digunakan oleh Gene Cernan dari misi Apollo 17 saat ia menjelajahi Bulan selama lebih dari tujuh jam siap diperebutkan bersama lebih dari 700 item lainnya di RR Auction.

Adapun acara lelang daring kali ini dikhususkan bagi para kolektor benda-benda yang berhubungan dengan ruang angkasa.

Diketahui, dalam penjelajahan ke Bulan pada 1972 silam itu, Cernan meletakkan catatannya dengan sebuah cuff di pergelangan tangannya.

Hingga kini, Cernan pun tetap dikenang sebagai orang terakhir yang berhasil menginjakkan kaki dan berjalan di bulan.

Catatan itu sendiri berisi langkah-langkah persiapan dan peta rute serta landmark di bulan.

Tak hanya itu, catatan itu memiliki sebuah kalimat tulis tangan yang berisi kata-kata dari pendahulu Cernan, Neil Armstrong, yang diucapkannya pada tiga tahun sebelumnya, mengingatkan sang astronot bahwa perjalanan itu adalah "satu kemajuan besar bagi umat manusia."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, catatan berikut cuff Cernan untuk perjalanan luar angkasa lainnya, EVA-1 dan EVA-2, telah dijual secara pribadi, membuat catatan kali ini menjadi artefak yang berkaitan dengan catatan luar angkasa pertama yang ditawarkan untuk umum.

Baca juga: Omega Produksi Ulang Jantung Arloji Saat Misi NASA di Bulan

Selain catatan ini, benda lain dalam pelelangan yang menjadi sorotan adalah Personal Preference Kit (PPK) milik Buzz Aldrin dari misi Apollo 11 tahun 1969.

Benda ini merupakan sebuah tas berisi kenang-kenangan dari bumi yang ia gunakan untuk membawa barang-barang untuk komuni keagamaan.

Lalu, ada juga sarung tangan pakaian antariksa Project Mercury langka yang dibuat khusus untuk orang asal Amerika pertama yang menginjakkan kaki di luar angkasa, Alan Shepard.

Semua artefak itu akan dilelang bersama lusinan kenang-kenangan, tanda tangan astronot, dan beberapa batu meteorit.

Lelang online untuk benda-benda yang berhubungan dengan eksplorasi ruang angkasa dan penerbangan dari RR Auction ini tengah berlangsung, dan akan berakhir pada 21 Oktober mendatang.

Baca juga: Inovasi Omega pada Arloji yang Pernah ke Bulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.