Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2021, 08:17 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Kamar tidur sempit cenderung lebih menantang untuk ditata dan dijaga kerapiannya, daripada kamar yang ukurannya lebih luas.

Tapi, jangan dulu menyerah. Dengan pemilihan furnitur dan tata letak yang efektif, kamar tidur sempit bisa dibuat sebagai ruangan yang cantik dan nyaman.

Kuncinya adalah menghindari penempatan furnitur di semua sisi ruangan dan memilih furnitur sesuai tujuannya.

Menata kamar tidur sempit ala IKEA

Berikut tips menata kamar sempit ala IKEA yang bisa kita praktikkan di rumah jika menginginkan kamar tidur yang lebih nyaman dan nyaman dilihat:

1. Gunakan cat dinding putih atau netral

Pilih dan gunakan cat dinding dengan warna terang, seperti putih, krem, atau pastel untuk kamar tidur sempit agar terlihat nyaman dan mudah dipadukan.UNSPLASH/SPACEJOY Pilih dan gunakan cat dinding dengan warna terang, seperti putih, krem, atau pastel untuk kamar tidur sempit agar terlihat nyaman dan mudah dipadukan.
Pilih dan gunakan cat dinding dengan warna terang, seperti putih, krem, atau pastel.

Warna-warna tersebut merupakan warna dasar yang paling aman dan mudah untuk dipadupadankan dengan warna serta tekstur perabot lain.

Warna terang juga bersifat memantulkan cahaya secara luas dan rata, sehingga kamar tidur sempit akan terasa lebih luas dan terang.

Sebaliknya, hindari cat dinding hitam atau warna gelap lainnya yang bersifat menyerap cahaya. Warna gelap akan membuat kamar tidur terasa lebih sempit.

Selain itu, warna-warna cerah juga memiliki kesan lembut dan cocok untuk orang yang tidak terlalu berani untuk memberikan banyak warna atau gambar pada dinding rumah.

Baca juga: 7 Warna Cat Kamar Tidur Romantis

2. Pilih rangka tempat tidur klasik

Tempat tidur dengan gaya klasik bisa menjadi pilihan jika menyukai detail kecil, seperti tepi yang membulat dan pola interior bergaris sehingga menciptakan kesan klasik dan timeless.DOK IKEA Tempat tidur dengan gaya klasik bisa menjadi pilihan jika menyukai detail kecil, seperti tepi yang membulat dan pola interior bergaris sehingga menciptakan kesan klasik dan timeless.
Tempat tidur adalah pusat perhatian dari sebuah kamar tidur. Jadi, penting untuk memilih jenis rangka tempat tidur yang pas, termasuk kain seprai dengan bahan yang tepat.

Seperti yang kita aplikasikan pada dinding, pilihlah produk-produk berwarna netral dan cerah.

Tempatkan kasur di salah satu dinding demi memberikan ruang lebih dan menjadikan kamar tidur tidak terlihat sumpek.

Rangka tempat tidur dengan gaya klasik, seperti dari seri TYSSEDAL IKEA, bisa menjadi pilihan jika menyukai detail kecil, seperti tepi yang membulat dan pola interior bergaris sehingga menciptakan kesan klasik dan timeless.

Ruang di bawah tempat tidur dapat kita manfaatkan untuk menyimpan barang-barang, seperti sepatu, tas, dan peralatan lain. Simpan dan tata rapi barang-barang tersebut dalam kotak atau wadah penyimpanan dengan warna yang senada dengan keseluruhan kamar tidur.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis, Tetap Cantik meski Sempit

3. Gunakan lemari multifungsi

Lemari juga menjadi furnitur kuncidalam menata sebuah kamar tidur sempit.DOK IKEA Lemari juga menjadi furnitur kuncidalam menata sebuah kamar tidur sempit.
Lemari juga menjadi furnitur kuncidalam menata sebuah kamar tidur sempit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com