Kompas.com - 15/10/2021, 09:10 WIB
Cristiano Ronaldo tiba di markas Juventus pada 16 Juli 2018. AFP/MIGUEL MEDINACristiano Ronaldo tiba di markas Juventus pada 16 Juli 2018.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Survei menemukan bahwa 20 hingga 40 persen pria memiliki masalah citra tubuh alias body image.

Mirip dengan wanita, beberapa pria tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya, entah itu karena rambut rontok, berat badan berlebih, masalah kulit (jerawat, komedo, atau jaringan parut), atau ketidaksempurnaan fisik lainnya.

Mendengar kata-kata "citra tubuh", dengan mudah kita berasumsi bahwa itu adalah masalah wanita. Wanita memang lebih sensitif soal ini.

Karenanya lebih banyak bantuan yang ditujukan untuk wanita soal masalah body image, sementara tips untuk pria yang berjuang dengan kecemasan yang sama hanya sedikit.  

Penyebab masalah body image pria berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Namun, ada beberapa penyebab serupa yang dialami beberapa pria.

Misalnya, jika kita selalu merujuk pada standar kegantengan dan tren yang ada di masyarakat, maka kita bisa memiliki anggapannegatif tentang tubuh mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masyarakat umumnya menganggap ganteng itu seperti Cristiano Ronaldo atau tokoh keren lainnya. Dan tentu saja kita semua ingin terlihat seperti dia.

Selain itu, toxic masculinity, merasa perlu berolahraga keras, dan merasa bahwa pria tidak boleh cengeng atau lemah, adalah beberapa penyebab lain dari citra tubuh negatif yang sering dihadapi pria.

Baca juga: Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng

Apa pun alasannya, semua pria harus tahu bahwa mereka mampu mengatasi rasa tidak aman dan nyaman tersebut. Untuk melakukannya, penting untuk memahami penyebab citra tubuh negatif pada pria.

1. Ejekan dan bullying

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.